TribunPontianak/

Jalan Kerap Tergenang Saat Hujan, Warga Minta Benahi Drainase  

Warga Sintang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang benahi saluran-saluran drainase di Kota Sintang.

Jalan Kerap Tergenang Saat Hujan, Warga Minta Benahi Drainase  
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Kondisi Jalan Cadika tergenang air karena hujan deras beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Warga Sintang meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang benahi saluran-saluran drainase di Kota Sintang.

Warga tidak menampik kondisi jalan-jalan Kota Sintang kerap tergenang air. Bahkan ketika musim hujan berintensitas deras, air hujan yang turun mengakibatkan banjir di pemukiman masyarakat.  

“Kalau pas ndak hujan gini sih aman. Kalau pas hujan deras itu, jalan tergenang. Titik paling parah di jalan besar Simpang lima Tugu Adipura. Lalu di Jalan Cadika itu, hujan turun dalam waktu satu jam saja langsung banjir,” ungkap satu diantara warga Sintang Ari (28) saat diwawancarai Tribun Pontianak, Kamis (14/9/2017) siang.

(Baca: Kerap Banjir Kala Hujan Deras, Dinas Perkim Sintang Identifikasi 17 Titik Saluran Drainase )

Ari menambahkan Jalan Tugu BI di sekitar tempat tinggalnya juga terkena imbas genangan air. Kendati ada saluran drainase, namun menurut dia ukurannya kecil dan mesti dibenahi.

“Ketika jalan-jalan Kota tergenang jelas menghambat aktivitas. Seperti kendaraan motor saya ini, ketika banjir dan batas air menyentuh busi. Ya, mati mesinnya. Harus didorong ganti busi,” terangnya.

Ia menilai saluran drainase di beberapa titik Kota Sintang tidak terawat. Kondisi ini menjadi penyebab tidak berfungsi maksimal. Pembenahan perlu dilakukan agar saat hujan masyarakat dan pemerintah tidak panik, lantas saling menyalahkan.

“Jangan sampai masyarakat salahkan pemerintah atau pemerintah salahkan masyarakat. Perawatan drainase penting. Masyarakat juga diingatkan dan imbau untuk melakukan hal-hal yang tidak mengakibatkan drainase tersumbat. Seperti buang sampah, itu kan perilaku oknum masyarakat. Tidak semuanya kan,” tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help