TribunPontianak/

Gas Elpiji 3 Kg Langka, Harga di Eceran Capai Rp 22 Ribu Per Tabung

harga isi tabung gas 3 Kg sudah bervariasi khususnya di tingkat pedagang eceran. "Ada yang menjual Rp20 ribu-Rp22 ribu per tabung,"

Gas Elpiji 3 Kg Langka, Harga di Eceran Capai Rp 22 Ribu Per Tabung
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Proses distribusi gas 3 kg di pangkalan gas di jalan pasar Turi kota Singkawang, Kamis (14/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Warga kota Singkawang mulai mengalami kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan akan gas elpiji 3 Kg. Satu di antaranya Agus, yang langsung mendatangi satu di antara pangkalan gas di Pasar Turi, Kota Singkawang.

"Agak susah sekarang mencarinya, saya langsung ke pangkalan untuk bisa memperoleh tabung gas 3 kg ini. Di sini juga harganya masih 17 ribuan, kalau di eceran bisa mencapai 20 ribuan," ujarnya, Kamis (14/9).

Untuk harga gas 3 Kg ini ditetapkan Gubernur Kalimantan Barat, sebesar Rp16.500 per tabung. Namun dengan harga 17 ribu rupiah pertabung menurutnya tidak terlalu memberatkan dibandingkan harus membeli di harga 20 ribuan jika ke pengecer.

"Harga Rp17 ribu ini masih bisa dijangkau, tapi ya harus langsung ke pangkalan gasnya," ungkapnya.

(Baca: Harga Gas Elpiji 3 Kg di Pangkalan Masih Standar )

Sementara itu, satu diantara pedagang eceran di Kota Singkawang, Mawi mengakui untuk tabung gas 3 Kg mengalami kelangkaan sudah terjadi sejak dua minggu lalu. Ia pun tidak mengetahui penyebab sulitnya memperoleh gas 3 kg tersebut.

"Ada sekitar dua minggu lalulah udah sulit carinya, saya juga tidak tahu kenapa," ujarnya.

Bahkan pada saat akan membeli 5 tabung gas, ia hanya dapat 1 tabung gas dari Pangkalan Jl Pasar Turi. Ia pun menilai sepeti adanya penjarahan gas dari pangkalan kepada konsumen.

"Katanya banyak orang yang datang membeli, ini seakan-akan dijatahi oleh Pangkalan. Padahal kita kan niatnya mau membantu masyarakat juga, kita beli di Pangkalan 17 ribu per tabung, lalu kita jual ke masyarakat 22 ribu per tabung," ungkapnya.

Menurutnya, harga isi tabung gas 3 Kg sudah bervariasi khususnya di tingkat pedagang eceran.

"Ada yang menjual Rp20 ribu-Rp22 ribu per tabung," katanya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help