TribunPontianak/

Dinas Pertanian Sambas Akan Bagikan Alsintan Kepada Kelompok Tani

Alat-alat ini di antaranya berupa Combine Harvester ini sekitar 5 buah yang berukuran besar, kemudian ada Combine Harvester yang berukuran kecil...

Dinas Pertanian Sambas Akan Bagikan Alsintan Kepada Kelompok Tani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TITO RAMADHANI
Sejumlah alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang berada di depan Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Kamis (14/9/2017). Alsintan ini dalam waktu dekat akan dibagikan kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Sambas. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Puluhan alat dan mesin pertanian (Alsintan) akan dibagikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Sambas.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Musanif mengungkapkan, alat-alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang berada di depan Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, sebagian besar berasal dari bantuan APBN melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Pertanian, Kementerian Pertanian.

"Sebagian besar ada yang berasal dari pemerintah pusat, kemudian ada juga yang dari dana APBD Kabupaten Sambas. Alat-alat ini di antaranya berupa Combine Harvester ini sekitar 5 buah yang berukuran besar, kemudian ada Combine Harvester yang berukuran kecil, ini dari APBN juga termasuk yang besar," ungkapnya, Kamis (14/9/2017).

(Baca: Ingin Tubuh Wangi Seharian Tanpa Parfum? Ikuti Cara Mudah Berikut ini! )

Selain itu, juga ada Corn Sheller (mesin pemipil jagung), kemudian sekitar belasan unit pompa air, kendaraan roda 3 Tossa sebanyak 30 unit dan Chopper (alat pencacah untuk mengolah bahan menjadi pupuk organik) 30 unit.

"Ini bantuan pemerintah pusat juga untuk pengembangan program Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO), ada 30 (mesin APPO) untuk kita tahun ini. Jadi masing-masing kelompok tani ini menerima, disamping bantuan yang lain-lain juga menerima di antaranya Tossa 1 unit, Chopper 1 unit, jadi menerima dua alat," jelasnya.

Musanif menjelaskan, sedangkan yang berasal dari APBD Kabupaten Sambas, di antaranya mesin Tleser, yakni mesin perontok padi.

"Jadi sebagian besar akan kami serahkan, kami sedang menyiapkan proses administrasi. Setelah berita acara serah terimanya, mudah-mudahan dalam pekan ini atau paling lambat pekan depan sudah bisa kami serahkan semua," sambungnya.

Sebagian besar Alsintan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang diusulkan oleh Wakil Ketua Komis IV DPR RI, Daniel Johan.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help