TribunPontianak/

95 Persen Penyaluran KPR BTN Diserap Masyarakat Berpenghasilan Rendah

"Ini menandakan banyak sekali yang butuh rumah khususnya rumah subsidi, jadi market rumah subsidi sangat potensial," ujarnya.

95 Persen Penyaluran KPR BTN Diserap Masyarakat Berpenghasilan Rendah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/NINA SORAYA
Branch Manager BTN Pontianak Daulat Marpaung 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Nina Soraya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Branch Manager Bank Tabungan Negara (BTN) Pontianak Daulat Marpaung menyebutkan jumlah akad kredit Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui BTN dalam sebulan sebanyak 600 akad kredit.

Dengan total penyaluran kreditnya senilai Rp 80 miliar per bulannya 

"Angka ini sangat baik sekali malah tumbuh sekitar 30 persen dari tahun lalu. Bandingkan saja jika bank lainnya hanya bisa tumbuh 8-12 persen saja penyalurannya kreditnya, maka kita dengan angka 30 persen sudah bagus," ungkapnya saat menghadiri peresmian Kantor Baru Apersi Kalbar, Kamis (14/9/2017)

(Baca: Mudahkan Program Sejuta Rumah, BTN Lansir Pembiayaan Rp 36 Triliun )

Di kesempatan itu ia menjelaskan bahwa KPR subsidi atau yang menyasar Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) masih sangat bagus di Kalimantan Barat (Kalbar).

Hal ini ditunjukkan dari penyaluran KPR BTN yang 93-95 persennya terserap oleh MBR.

"Ini menandakan banyak sekali yang butuh rumah khususnya rumah subsidi, jadi market rumah subsidi sangat potensial," ujarnya.

Disinggung soal kredit macet atau non performing loan (NPL), Daulat menyebutkan angkanya masih rendah yakni berkisar 2 persen. Menurutnya dengan pembangunan rumah yang cukup banyak di Kabupaten Kubu Raya (KKR) atau sekitar 60 persennya dari pembangunan unit rumah, maka KKR diakuinya memang cukup banyak terjadi kredit bermasalah.

"Tapi angka (2%) ini kan masih wajar, karena batas toleransi dari Bank Indonesia kan lima persen," katanya.

Tahun ini, BTN berencana menambahkan kantor cabangnya di Kota Singkawang. Hal ini untuk memperluas pelayanan. Karena saat ini cabang BTN baru di Ketapang dan Sintang.

"November nanti kita buka di Singkawang. Kantor cabang ini akan melayani masyarakat Bengkayang, Sambas dan Singkawang," jelasnya. 

Penulis: Nina Soraya
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help