TribunPontianak/
Home »

Video

Berita Video

Kantor Syahbandar Di Kecamatan Sukadana Sepi Petugas. Ini Suasananya

Seharusnya pihak Speed Boat mengurus izin berlayar ke Syahbandar karena untuk wilayah laut menjadi kewenangan Syahbandar.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Wakapolres Kayong Utara Kompol O. Umbu Sairo Sik Panggil Pengelola tiket dan nahkoda speedboat Indo Kapuas Expres terkait izin berlayar yang tidak sesuai dengan peruntukannya, karena dikatakannya izin yang dikantongi mereka hanya izin berlayar untuk jalur sungai dan Danau.

Dikatakan Waka Polres, seharusnya pihak Speed Boat mengurus izin berlayar ke Syahbandar karena untuk wilayah laut menjadi kewenangan Syahbandar.

Namun pada kenyataannya diakui Waka Polres beberapa Pos Syahbandar tidak ada petugasnya, khususnya Syahbandar Kecamatan Sukadana, yang berpos di Pelabuhan Teluk Cak Kadir.

(Baca: Polisi Temukan Speedboat di Sukadana Tak Miliki Izin Berlayar Rute Laut )

"Untuk syahbandar sendiri selama ini tidak pernah ada di tempat. ada pos nya saja tapi tidak ada orangnya, ini yang menyebabkan permasalahan dilapangan, juga belum ada izin dari Syahbandar, "terang Kompol O. Umbu Sairo Sik yang juga Ketua Tim Saber Pungli Kayong Utara, Rabu (13/9/2017).

Selama ini, izin yang ada hanya izin diketahui dari Dinas Perhubungan Kayong Utara. kalau untuk izin berlayar untuk kawasan laut harus mengantongi izin Syahbandar, dan itupun hanya berlaku 1x24 jam.

"Berangkat dari Sukadana hanya mengetahui dari Dinas Perhubungan Kayong Utara, bukan dari Syahbandar. seharusnya Syahbandar memberikan izin karena melalui laut, setiap hari, dia berlaku hanya 1x24 Jam, jadi selama ini setiap berlayar tidak mengantongi izin berlayar, " tambahnya.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help