TribunPontianak/

13 Awak Kapal Sempat Terapung Bertahan Hidup di Laut, Begini Kronologinya

Saat dalam pelayaran menuju lokasi yang hendak dituju tersebut, tiba-tiba terjadi perubahan cuaca.

13 Awak Kapal Sempat Terapung Bertahan Hidup di Laut, Begini Kronologinya
ISTIMEWA
13 nelayan asal Pemangkat yang berhasil diselamatkan nelayan Paloh, setelah tiba di Desa Mentibar, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Selasa (12/9/2017). 13 nelayan tersebut terapung-apung dipermukaan laut usai kapal yang ditumpangi, KM Sumber Cahaya tenggelam di laut sekitar 10 mil timur laut dari Pulau Murek, Kepulauan Riau. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Kabag Ops Polres Sambas, Kompol Jajang menguraikan kronologis tenggelamnya kapal nelayan KM Sumber Cahaya, hingga 13 awak kapal terapung dan kemudian diselamatkan oleh nelayan Paloh.

"Menurut keterangan Nahkoda KM Sumber Cahaya, Gustianto bahwa kapal motor yang dinahkodainya berangkat berlayar dari Pemangkat, Senin (11/9/2017) sekitar pukul 20.00 WIB, menuju daerah Keredau, Natuna, Kepulauan Riau untuk mengambil peralatan tangkap ikan," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (13/9/2017).\

(Baca: Yandi: Ada Pengurus Partai Hanya Datang Pada Saat Pencalonan )

Saat dalam pelayaran menuju lokasi yang hendak dituju tersebut, tiba-tiba terjadi perubahan cuaca.

"Saat pelayaran menuju lokasi, cuaca tidak menentu dan pada Selasa (12/9/2017) sekitar pukul 04.30 WIB, tiba-tiba badai datang dan gelombang besar menghantam bagian belakang kapal. Sehingga mengakibatkan KM Sumber Cahaya tenggelam," jelasnya.

13 awak KM Sumber Cahaya terapung-apung di lautan. Mereka bertahan hidup menunggu datangnya pertolongan dari nelayan lain dengan menggunakan pelampung pukat.

"Untuk bertahan menunggu datangnya bantuan. Nahkoda dan ABK menggunakan pelampung pukat dalam satu rombongan," terangnya.

Lanjutnya, sekitar pukul 09.00 WIB, melintaslah KM Doa Ibu yang sedang mencari perangkap ikan (Bubu) di sekitar lokasi.

(Baca: Tak Ada Memasak di Dalam Rumah, Ini Penyebab Kebakaran yang Hanguskan Rumah Ramli )

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help