TribunPontianak/

Tokoh Masyarakat Sanggau Nilai Kenaikan Tunjangan DPRD Terburu-buru

“Mestinya kenaikan tunjangan Anggota DPRD diberikan berdasar kinerja. Mengingat uang yang digunakan negara untuk tambah tunjangan adalah uang rakyat,"

Tokoh Masyarakat Sanggau Nilai Kenaikan Tunjangan DPRD Terburu-buru
TRIBUN FILE/IST
Ilustrasi Kenaikan Gaji 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri  Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU -  Tokoh pemuda Sanggau, Abang Indra menyayangkan keputusan pemerintah yang terburu-buru mengeluarkan PP nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

“Mestinya kenaikan tunjangan Anggota DPRD diberikan berdasarkan kinerja. Mengingat uang yang digunakan negara untuk menambah tunjangan mereka adalah uang rakyat yang diperoleh dengan keringat dan kerja keras. Saya tidak mengatakan semua anggota DPRD tidak baik, tapi kan tidak semua juga yang kinerjanya memuaskan, ” tegasnya.

Dikatakannya, tidak bisa menyalahkan DPRD, mengingat keputusan menaikan tunjangan berada ditangan pemerintah.

(Baca: Wah, Tunjangan Naik. Ini Kisaran Gaji Anggota DPRD Sanggau )

“Tidak bisa juga menyalahkan Dewan, yang menaikan tunjangan mereka itukan pemerintah, saya berharap PP ini dievaluasi atau kalaupun tetap diberlakukan, berikan hak mereka berdasarkan kinerja, kalau dipukul rata beginikan kasihan anggota yang benar-benar bekerja untuk rakyat,"ujarnya

Sementara yang jarang masuk dapat tunjangan yang sama, ini yang bisa menjadi pemicu semakin rendahnya kinerja dewan.

Dikatakan Indra, sudah menjadi rahasia umum, Anggota DPRD masih banyak yang berkinerja belum memuaskan.

Rapat yang mestinya dimulai pukul 09.00 WIB tidak pernah terlaksana sesuai jadwal, pasti molor.

“Kalau tidak percaya, coba ikut saja sekali-kali rapat di DPRD Sanggau, rasakan sendiri nikmatnya menunggu, ” ujarnya.

Untuk itu, Indra berharap keputusan pemerintah yang terlanjur tertuang dalam PP nomor 18 tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah menjadi cambuk untuk memacu semangat kerja Anggota DPRD Sanggau khususnya supaya semakin baik dan berkualitas menjadi wakil rakyat dalam menjalankan tupoksinya.

Indra pun meminta Badan Kehormatan (BK) DPRD secara berkala dan tentunya terukur melakukan evaluasi terhadap Anggota Dewan yang kerap mangkir tanpa pemberitahuan dari tugas-tugas kedewanannya. 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help