TribunPontianak/

Mengapa Kecerdasan Emosi Penting dalam Bekerja? Temukan Jawabannya dari Pakar Satu Ini

Selanjutnya kita kenal tentang ekspresi emosi yang berhubungan dengan kemampuan diri untuk mengungkapkan perasaan agar mudah dipahami oleh orang lain

Mengapa Kecerdasan Emosi Penting dalam Bekerja? Temukan Jawabannya dari Pakar Satu Ini
net
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dalam bekerja tak hanya perlu ikhlas dan tuntas tapi juga kerja cerdas. Nah untuk kerja cerdas diperlukan pula kecerdasan emosi untuk mencapainya. Sepenting apa sih kecerdasan emosi dalam bekerja dan cara meningkatkan kecerdasan emosi?

Pertanyaan:
Selamat pagi, salam optimis. Saya seorang manajer muda pada suatu instansi yang menjabat baru 3 bulan. Saya sering membaca dan mendengar bahwa menjadi seorang pemimpin lebih diperlukan kecerdasan dibanding kepintaran. Kecerdasan yang paling berpengaruh adalah kecerdasan emosional. Selanjutnya ada slogan “bekerja cerdas, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas”. Saya berupaya mencerna sedalam-dalamnya tentang hal tersebut. Mohon penjelasan bapak terutama tentang kecerdasan emosi di atas. Terima kasih.

Chris, Landak

Jawaban:

Selamat pagi, salam optimis Sdr. Chris.

Selamat saya ucapkan kepada Anda karena telah mendapatkan promosi jabatan baru sebagai manager muda.

Apa yang Anda baca dan dengar sungguh benar. Berbicara tentang kecerdasan paling tidak ada 3 kecerdasan bukan hanya dalam bekerja namun juga dalam kehidupan sehari-hari, yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual.

Kecerdasan  intelektual berhubungan dengan antara lain logika, konsep, paradigma, angka, penalaran ilmiah. Kecerdasan spiritual berhubungan dengan hati nurani, keyakinan (termasuk dengan sang Pencipta), nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai kebenaran, nilai-nilai kearifan, nilai-nilai cinta dan kasih sayang, nilai–nilai kejujuran, dan nilai-nilai pengorbanan,

Sehubungan dengan pertanyaan Anda tentang kecerdasan emosional maka dapat saya jelaskan bahwa kecerdasan tersebut merupakan kemampuan merasakan, memahami dan secara efektif sebagai sumber energi, informasi, koneksi, dan pengaruh yang manusiawi. 

Halaman
12
Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Steven Greatness
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help