TribunPontianak/
Home »

Bisnis

» Makro

Belajar Dari DKI Jakarta, Kendalikan Inflasi Lewat BUMD Pangan

Saat ini di Jakarta memiliki tiga BUMN Pangan yakni PT Food Station, PD Pasar Jaya dan PD Dharma Jaya.

Belajar Dari DKI Jakarta, Kendalikan Inflasi Lewat BUMD Pangan
TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA
Suasana rakor Se-Kalbar TPID dan diseminasi kajian ekonomi dan keuangan regional Provinsi Kalbar, Selasa (12/9/2017). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Inflasi tinggi menjadi momok menakutkan bagi daerah. Oleh karena itu dibentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk memantau dan memastikan inflasi di daerah terkendali.

Satu di antara cara mengendalikan inflasi daerah yakni menghadirkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang fokus memasok pangan ke pasar guna mengendalikan harga pangan bila melambung tinggi.

Kepala Kantor BI DKI Jakarta, Cahyaningtias, memaparkan BI tak bisa berdiri sendiri dalam mengendalikan inflasi di daerah, jadi butuh mitra.

" Jakarta gak punya sumber bahan pangan. Makanya penting bagi kita buat jaga pasokan itu. Caranya, TPID harus lebih dekat ke pasar. Lewat BUMD pangan," katanya saat Rakor se Kalbar Tim Pengendalian Inflasi Daerah dan Diseminasi Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Kalbar, Selasa (12/9/2017).

Karena perannya sangat besar, oleh karena itu dukugan Pemda DKI ke BUMD sangat besar.Bentuk kerjasamanya dilakukan MOU bersama BUMD tersebut, tapi selanjutnya untuk handling bisnis dilakukan oleh BUMD.

Saat ini di Jakarta memiliki tiga BUMN Pangan yakni PT Food Station, PD Pasar Jaya dan PD Dharma Jaya.

Dengan keberhasilan DKI Jakarta mengendalikan inflasi dengan mengahadirkan BUMD Pangan tersebut, ia yakinihal ini bisa diadopsi di daerah termasuk di Kalimantan Barat.

"BUMD pangan perlu ada dan dioptimalkan perannya. Penting juga untuk BUMD ini bisa bekerja optimal dengan menjamin suplai dan demand. Makanya, BUMD juga menjalin kerjasama dengan pemasok pangan termasuk gapoktan," paparnya.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Steven Greatness
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help