TribunPontianak/

Asita Sebut Singkawang Permata Kalimantan Barat

"Minimal Singkawang dikenal Regional ASEAN, artinya Singkawang dikenal Sarawak, Brunei, Sabah, Labuan, Semenanjung Malaysia, Singapura dan Thailand,"

Asita Sebut Singkawang Permata Kalimantan Barat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/TRY JULIANSYAH
Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang menggelar Pelatihan pemandu wisata dan pembuatan paket wisata di gedung Pusat Informasi Pariwisata (PIP) Kota Singkawang, Selasa (12/9/2017). 

Laporan Wartawan Tribunpontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Ketua Asosiasi Tour dan Travel (Asita) Kalbar, Nugroho Henray Eka Saputra, menilai bahwa kegiatan pelatihan dan pembuatan paket wisata sangat penting dalam memajukan pariwisata di sebuah daerah.

Terutama menurutnya dalam hal sumber daya manusianya, sehingga daya tarik objek wisata alam dapat tereksplore

"Karena bagaimana kita bisa memajukan pariwisata di sebuah daerah, kalau kita tidak mempunyai sumber daya manusia pariwisata yang mumpuni dan mampu untuk membawa wisatawan ke daerah tersebut. Selain itu kemajuan pariwisata juga sangat berpengaruh terhadap ada tidaknya paket atau produk wisata daerah (destinasi)," ujarnya, Selasa (12/9/2017)

(Baca: Disparpora Singkawang Gelar Pelatihan dan Pembuatan Paket Wisata )

Dirinya berharap, kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya dan harus di evaluasi sampai sejauh mana hasil dari kegiatan tersebut.

Ia juga menjelaskan menurut Undang-Undang Pariwisata Nomor 9 tahun 2010 pemandu wisata harus didaftar melalui tanda daftar usaha pariwisata.

"Artinya, kawan-kawan yang sudah mengikuti pelatihan pemandu wisata dan pembuatan paket wisata juga harus di data, sehingga harus ada tanda daftar usaha pariwisata pemandu wisata," ungkapnya.

Menurutnya, sebagian wisatawan domestik yang ada di wilayah Indonesia pasti sudah tahu dengan Singkawang.

Namun alangkah baiknya jika Singkawang ini lebih dikenal sampai Go Internasinal.

"Minimal Singkawang dikenal Regional ASEAN, artinya Singkawang harus dikenal di Sarawak, Brunei, Sabah, Labuan, Semenanjung Malaysia, Singapura dan Thailand. Artinya, sebuah produk yang bagus kalau tidak di promosikan atau promosinya tidak tepat, maka produk itu pembelinya hanya di situ-situ saja," katanya.

Menurutnya pula, Singkawang merupakan permatanya pariwisata Kalimantan Barat.

Berkaca dari Motto Pasti ke Singkawang, jangan hanya berlaku untuk domestik saja tapi juga mancanegara sehingga pengemasannya juga menurut dia harus baik.

"Jangan hanya kita sama kita saja yang tahu dengan Singkawang, tetapi wisatawan dari luar juga harus tau. Dan tak kalah penting jangan sampai kabar lebih baik daripada rupa," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help