TribunPontianak/

Tips Melukis di Canvas dan Kertas Carson ala Beng's Gallery and Art Shop

Satu di antara yang cukup signifikan berpengaruh yakni soal tipe cat yang dipilih. Cat air, cat minyak, atau cat acrylic.

Tips Melukis di Canvas dan Kertas Carson ala Beng's Gallery and Art Shop
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISHAK
Pengelola Beng's Gallery and Art Shop, Hidayat, tengah melukis beberapa karya sketsa di galeri beralamat di Jalan Panglima Aim, Pontianak ini,  Minggu (10/09/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ada dua jenis media lukis yang sangat populer digunakan para pegiat seni lukis. Keduanya yakni canvas, dan kertas Carson.

Meski sama-sama populer, ada perbedaan karakteristik keduanya. Sehingga, pemilihan satu dari keduanya sangat bergantung dengan karakteristik yang dipilih sang pelukis.

Satu di antara yang cukup signifikan berpengaruh yakni soal tipe cat yang dipilih. Cat air, cat minyak, atau cat acrylic.

"Kalau untuk melukis pakai cat air, lebih dianjurkan gunakan kertas Canson. Sedangkan jika yang dipilih adalah cat minyak atau cat acrylic, akan lebih dianjurkan gunakan canvas sebagai media lukis," ujar pengelola Beng's Gallery and Art Shop, Hidayat (37), Senin (10/09/2017).

(Baca: Bengs Gallery and Art Shop Sediakan Perlengkapan Lukis Khusus Anak-Anak )

Hidayat memaparkan, saat melukis dengan cat air, tidak dianjurkan untuk menggunakan media kanvas. Sebab, katanya, canvas cenderung punya daya serap terhadap cat yang sangat rendah.

Sedangkan cat air, perlu menyerap ke media lukis. Hal ini penting, agar kualitas gambar yang dihasilkan bisa optimal.

"Karena itulah tidak semua orang bisa melukis dengan baik saat gunakan cat air untuk melukis di media kanvas. Tingkat kesulitannya sangat tinggi," ungkapnya.

Sedangkan pada kertas Canson, daya serapnya sangat baik. Punya ketebalan yang lebih baik, kertas Canson juga relatif lebih kuat saat harus basah terlumuri basahan cat air.

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help