TribunPontianak/

Pengendara Berharap Sosialisasi Aturan Traffic Light Digencarkan

Satu di antara pengendara sepeda motor yang melintas, Nurhadi menuturkan bahwa ia mendukung upaya Satlantas Polres Sambas dan Dishub Sambas

Pengendara Berharap Sosialisasi Aturan Traffic Light Digencarkan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Tito Ramadhani
Pengendara saat melintas dari arah Jalan Saing Rambi Sambas, Senin (11/9/2017). Satlantas Polres Sambas dan Dishub Sambas mulai memasang pelang imbauan bagi pengendara yang hendak belok kiri menuju Gerattak Batu, untuk mengikuti lampu traffic light. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Satu di antara pengendara sepeda motor yang melintas, Nurhadi menuturkan bahwa ia mendukung upaya Satlantas Polres Sambas dan Dishub Sambas yang telah memasang pelang peringatan aturan rambu lalulintas traffic light di kawasan Tugu Tabrani, Sambas.

"Bagus ya, ada pelang peringatan yang mengatur ketertiban lalu lintas di traffic light ini. Semakin melancarkan arus lalu lintas di kawasan ini," ungkapnya, Senin (11/9/2017).

Namun menurutnya, sosialisasi dari pihak terkait harus terus digencarkan.

(Baca: Wow! Bulan Depan Polres Sambas Tindak Pelanggar Traffic Light )

Lantaran masih ada pengendara yang tidak menggubris dan tetap melanggar aturan sesuai peringatan yang tertulis di pelang tersebut.

"Semoga pihak terkait gencar mensosialisasikan aturan ini. Karena masih banyak pengendara yang melanggar, mungkin mereka tidak melihat pelang tersebut," jelasnya.

Nurhadi menambahkan, masih adanya masyarakat yang belum menaati aturan tersebut menurutnya dikhawatirkan justru akan menimbulkan kecelakaan di kawasan tersebut.

(Baca: Kiprah Kancil BBK Tunjukkan Kalbar Punya Potensi )

"Misalnya kami pengendara yang sudah tahu berada di depan, kami berhenti. Lalu kemudian pengendara dibelakang kami belum mengetahui, dia melaju ingin belok kiri atau lurus. Ini kan bisa menyebabkan kami pengendara di depan tertabrak oleh pengendara di belakang. Mungkin perlu adanya petugas di kawasan ini, agar masyarakat bisa semakin mengetahui aturan ini," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Satuan Lalu Lintas Polres Sambas dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sambas mulai memasang rambu imbauan bagi pengendara yang melintas untuk mengikuti petunjuk lampu traffic light yang berada di Tugu Tabrani, Sambas, Jumat (8/9/2017).

(Baca: Korban Lebih Butuh Ini, Ketimbang Makanan )

Ada tiga titik rambu imbauan yang terpasang di tiga ruas jalan di sekitar kawasan Tugu Tabrani.

Pantauan Tribunpontianak.co.id, sejumlah pengendara terpantau masih tak berhenti dan terus berbelok ke kiri dari arah Jalan Saing Rambi dan dari arah Gerattak Batu. Serta ada pula pengendara yang tetap lurus dari arah Jalan Gusti Hamzah menuju Jalan Saing Rambi, kendati lampu merah traffic light sudah menyala.

Padahal dalam pelang imbauan di tiga ruas jalan tersebut tertulis Belok Kiri Ikuti Isyarat Lampu dan Lurus Ikuti Isyarat Lampu dan Urrang Pintar Be Taat Aturan Taate'lah Rambu-rambu Lalu Lintas.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help