TribunPontianak/

Pemkab Mempawah Akan Bubarkan Koperasi Tak Aktif

Dari 229 koprasi di Mempawah ada 160 koperasi yang aktif selebihnya tidak aktif...

Pemkab Mempawah Akan Bubarkan Koperasi Tak Aktif
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Kepala Dinas Penanaman Modal Koprasi UMKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMKUMKPTSP) Mempawah, Nurmala 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Pemerintah Kabupaten Mempawah terus melakukan penertiban dan mengusulkan pembubaran terhadap koperasi yang tidak aktif.

Kepala Dinas Penanaman Modal Koprasi UMKM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMKUMKPTSP) Mempawah Nurmala mengatakan telah membubarkan 47 koprasi yang tak aktif di kabupaten mempawah.

"Dari 229 koprasi di Mempawah ada 160 koperasi yang aktif selebihnya tidak aktif. Kemarin memang ada turun dari pusat untuk pembubaran 47 koperasi, namun ada dua di antaranya masih dilakuka review," ujarnya, Senin (11/9/2017).

(Baca: Indonesia dan Singapura Gelar Latihan Ini di Mempawah )

Ia mengatakan terdapat beberapa kendala dan kelemahan untuk melakukan pengawasan koperasi sehat di antaranya jumlah SDM yang terbatas untuk mengawas.

"Kita saat ini terbantu ada program dari pemerintah pusat yakni pendamping koperasi dan tenaga penyuluh koperasi sehingga dapat membantu pemetaan kondisi koperasi di lapangan," ujarnya.

Ia mengatakan koprasi saat ini tengah melakukan reformasi. Secara nasional dunia koperasi saat ini mulai stagnan. Ada kelemahan dalam menejamen dan tata laksana koperasi, SDM hingga pada permodalan.

"Tentunya kita akan terus melakukan pendampingan terhadap koperasi-koperasi," ujarnya.

Kendati demikian finalisasi pembubaran koperasi merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. Nurmala mengatakan pemkab hanya bisa mengusulkan terhadap kondisi koperasi yang beroperasi di wilayah kabupaten mempawah.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help