TribunPontianak/

Pemerintah Akan Wajibkan Tenaga Konstruksi Sertifikasi, Ini yang Dilakukan Ciputra Group

Bimtek dan Sertifikasi Ahli Muda Pengawasan Pekerjaan Gedung ini akan berlangsung dari Senin (11/9/2017) hingga Kamis (14/9/2017).

Pemerintah Akan Wajibkan Tenaga Konstruksi Sertifikasi, Ini yang Dilakukan Ciputra Group
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MASKARTINI
Seorang pemateri menyampaikan materi pada sosialisasi, pelatihan, dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, Senin (11/9/2017) 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) aktif melakukan sosialisasi, pelatihan, dan sertifikasi tenaga kerja kontruksi. Kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang jasa konstruksi.

Pihak Ciputra Group Cabang Pontianak, yaitu Citra Fortuna JO, dengan proyek CitraGarden Aneka Pontianak, berkoordinasi dengan pelaksana kerjasama yaitu Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin mengadakan Bimtek dan Sertifikasi Ahli Muda Pengawasan Pekerjaan Gedung, di Pontianak mulai Senin (11/9/2017).

Kegiatan yang diikuti sekitar 25 peserta ini merupakan pelatihan kedua yang diadakan oleh PT Ciputra Residence. Sebelumnya kegiatan yang sama dilakukan oleh Dirjen Dina Konstruksi di Indonesia adalah proyek CitraGarden City, Jakarta dengan jumlah peserta 150 orang, dengan sertifikasi HAKI sebanyak 70 orang.

(Baca: Bakal Saingi Raffi Ahmad, Inilah Tunggangan Mewah Pelawak Sule )

Project Deputy General Manager CitraGarden Aneka, Junjun Kurnia mengatakan pelatihan dan sertifikasi ini merupakan salah satu program CSR Ciputra Group yang secara khusus mengambil materi Ahli Konstruksi dan Pengawasan Pembangunan Gedung. Para peserta selain berasal dari internal karyawan CitraGarden Aneka, juga kontraktor-kontraktor di wilayah Pontianak.

“Ini merupakan salah satu program CSR Ciputra Group. Harapan kita dengan pelatihan tenaga ahli di Kota Pontianak ini dan khususnya di lingkungan CitraGarden Aneka memiliki tenaga ahli yang tersertifikasi, sesuai yang disyaratkan oleh undang-undang. Kami mengikutsertakan staf bidang teknik dan konstruksi S1 dan D3 Teknik Sipil dan Arsitektur," ujar Junjun kepada media.

Kedepan kata Junjun peraturan pemerintah ini akan mewajibkan kepada seluruh perusahaan pengembang dan pelaku konstruksi mempunyai staf bidang konstruksi yang tersertifikasi. Hal ini lah yang melatarbelakangi Ciputra Group memberikan CSR melalui subsidi biaya pelatihan dan sertifikasi tenaga ahli muda kepada para peserta, dengan konsep kemitraan dengan Lembaga pelatihan.

Bimtek dan Sertifikasi Ahli Muda Pengawasan Pekerjaan Gedung ini akan berlangsung Senin (11/9/2017) hingga Kamis (14/9/2017) dengan bimbingan pelatihan dari Balai Jasa konstruksi Wilayah 5 Banjarmasin, Kementerian PUPR. Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin, Moody N Sanger mengatakan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, bertujuan untuk melindungi tenaga kerja nasional agar memiliki nilai tambah, kompetensi, serta produktif.

Hal ini sesuai yang amanat dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi Peraturan Pemerintah dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pembangunan Sarana dan Prasarana.

Sebagai tindak lanjut langkah percepatan sertifikasi tersebut, Kementarian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi (DJBK) aktif menyelenggarakan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Tenaga Kerja Terampil dan Bimbingan Teknis Tenaga Ahli.

Salah satu wujud konkrit dari upaya tersebut adalah Program kerjasama antara Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pimpinan Ciputra Group Pusat tentang pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, pada bulan Mei 2017 lalu.

"Harapannya, setelah mendapatkan sertifikasi, para tenaga kerja konstruksi di lingkungan PT Ciputra Residence dapat menerapkan Sistem pengawasan pembangunan yang baik, bermutu dan menerapkan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan baik. Sebab kurangnya kompetensi pekerja konstruksi menjadi salah satu penyebab terjadinya kegagalan bangunan dan kecelakaan konstruksi," ujar Moody.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help