TribunPontianak/

Keberadaan Koperasi Perlu Perhatian Pemkab Mempawah

Alumnus Magister Ekonomi Untan Ini memaparkan sebenarnya peran koperasi sangat strategis dalam usaha menigkatkan ekonomi suatu daerah.

Keberadaan Koperasi Perlu Perhatian Pemkab Mempawah
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Tokoh Masyarakat Kabupaten Mempawah Susanto menilai Koperasi harus diakui telah memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi baik secara nasional dan daerah. 

Bentuk konkrit kontribusi yang diberikan pemberdayaan masyarakat khususnya anggota koperasi sehingga selain ada lapangan pekerjaan yang diciptakan juga memberikan kesejahteraan.

Alumnus Magister Ekonomi Untan Ini memaparkan sebenarnya peran koperasi sangat strategis dalam usaha menigkatkan ekonomi suatu daerah.

Bahkan melalui koperasi juga menjadi jembatan untuk mempertemukan antara usaha skala besar dengan usaha kecil dan mikro.

"Tak sedikit usaha-usaha besar memilih menjadi bapak angkat bagi koperasi-koperasi yang dibentuk oleh masyarakat," ujarnya, Senin (11/9/2017).

(Baca: Ria Norsan Harap Pengurus Koperasi Kreatif Kembangkan Usaha )

Saat disingguh soal pembubaran koperasi di Mempawah hal tersebut sangat disayangkan.

Menurutnya pemerintah semestinya masih bisa mendorong koperasi untuk dihidupkan kembali. Namun bukan sekedar menghimbau melainkan turun langsung melakukan pemetaan terhadap kendala yang dihadapi masing-masing koperasi.

"Perhatian pemerintah daerah sangat minim terhadap keberadaan koperasi. pelatihan manajemen aja masih kurang apalagi permodalan," ujarnya.

Ia menambahkan suntikan permodalan tidak harus secara langsung diberikan kepada koperasi melainkan penempatan dana di lembaga perbankan.

Lembaga perbankan yang akan menyeleksi terhadap koperasi-koperasi yang akan mengajukan permodalan.

Tentu skema pinjaman lebih lunak dan mudah. Baik dari aspek birokrasi atau suku bunga yang dipatok.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help