TribunPontianak/

Polnep Dirikan Pusat Unggulan Perikanan

Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak melalui program PEDP mendirikan Pusat Unggulan Teknologi Budidaya Perikanan

Polnep Dirikan Pusat Unggulan Perikanan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Hamdan
Pusat Unggulan Teknologi Budidaya Perikanan di Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah akan mulai produksi pakan membantu Petani Budi daya Ikan mendapatkan Pakan Terbaik, Minggu (10/9/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Program Studi Budidaya Perikanan Politeknik Negeri Pontianak melalui program PEDP mendirikan Pusat Unggulan Teknologi Budidaya Perikanan di Kelurahan Terusan, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.

Sebagai unit produksi pada PUT bertujuan menghasilkan produk-produk unggul bidang budi daya perikanan, yang meliputi Produksi Benih Unggul, Ikan Konsumsi, Induk, Pakan dan probiotik.

(Baca: Kemenag Imbau Masyarakat Lebih Hati-hati Memilih Travel Umroh )

Ketua Pusat Unggulan Teknologi Budidaya Perikanan, DR Purnamawati mengatakan hasil produksi nantinya akan bisa dinikmati masyarakat secara luas ataupun para pelaku budi daya.

"Untuk tahap pertama hasil produksi yang akan dimunculkan adalah Pakan budi daya ikan. Baik pakan terapung maupun pakan tenggelam," ujarnya, Minggu (10/9/2017).

Hasil produksi pakan yang nantinya akan berlangsung secara kontinu, nantinya akan dapat memberikan support kepada para pembudidaya ikan di Kabupaten Mempawah.

"Kita punya peralatan untuk produksi pakan. Kita mampu memproduksi sebanyak 250 kg perjam," ujarnya.

(Baca: Tanggapan Dinas Kesehatan Soal Pasien Ditandu )

PUT nantinya bukan hanya sekadar lokasi praktek mahasiswa perikanan Polnep. Namun demikian, Purnamawati mengatakan bahwa PUT akan melayani jasa oleh stakeholder terkait.

"Harapan kita PUT dapat menjawab kebutuhan para pembudidaya ikan dalam pakan. Baik budi daya ikan air laut maupun ikan air tawar," ujarnya.

Selain itu, kami juga akan melakukan pembinaan dengan para kelompok tani budi daya ikan serta kerjasama dengan pemerintah.

(Baca: Puncak Momen Alam Terindah Qubu Resort, Padukan Alam dan Event )

"Kita telah menyusun program strategis. Komitmen yang ingin kita lakukan adalah kerjasama untuk membantu para pembudidaya dengan sinergis bersama dengan pemerintah kabupaten, provinsi maupun ke pemerintah pusat," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help