TribunPontianak/

Temuan Baru, Ternyata Daun Kratom Ada Kandung Narkoba

Pemerintah daerah juga harus memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat, agar dimasukkan dalam undang-undang narkotika.

Temuan Baru, Ternyata Daun Kratom Ada Kandung Narkoba
net
daun kratom 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Ketua Forum Masyarakat Anti Narkoba (Formas) Pontianak, Andi Harun mengakui bahwa keberadaan daun kratom sudah lama beredar di Kalimantan Barat (Kalbar). Pada saat itu memang dicurigai bahwa daun ini ada mengandung narkoba.

Hanya dalam undang-undang nomor 35 tentang narkotika belum tercantum. Dengan penemuan BNN yang menyatakan daun itu mengandung narkoba, seyogyanya masyarakat harus waspada.

“Kalau ini kita tidak waspada, nanti akan lebih berbahaya ke depannya,” katanya, Sabtu (9/9/2017).

Meskipun tidak ada tertuang dalam undang-undang nomor 35 tentang narkotika, dengan penemuan ini, masyarakat harus waspada. Berhati-hati menggunakan daun ini karena mengandung narkoba.

“Jangan lagi dipegang, apalagi menggunakan daun ini,” tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pontianak ini menjelaskan, pihak pemerintah sudah harus cepat mengambil sikap agar daun ini tidak beredar.

Apakah nanti dikeluarkan peraturan daerah? Itu tergantung pemerintah. Kalau tidak segera dilakukan nanti akan membahayakan masyarakat Kalbar.

Bila dimasukkan ke dalam undang-undang membutuhkan proses yang panjang, tetapi untuk m engantisipasi agar daun ini tidak beredar lagi, pemerintah daerah masing-masing mengeluarkan peraturan daerah.

“Sehingga barang ini tidak beredar lagi,” ungkapnya.

Pemerintah daerah juga harus memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat, agar dimasukkan dalam undang-undang narkotika.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Steven Greatness
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help