TribunPontianak/

Lima Desa di Sekadau Capai Realisasi PBB-P2 Hingga 100 Persen

Lima desa tersebut akan diberikan penghargaan karena peran aktifnya yang mampu merealisasikan pembayaran PBB-P2 tahun 2016.

Lima Desa di Sekadau Capai Realisasi PBB-P2 Hingga 100 Persen
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIVALDI ADE MUSLIADI
Kabid Pengelola PBB dan BPHTB, Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah Kabupaten Sekadau, Suparmo 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rivaldi Ade Musliadi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Lima desa di Sekadau akan mendapatkan penghargaan oleh Pemkab, karena peran aktif yang mampu mencapai hingga 100 persen pembayaran pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB-P2).

Dari data yang diperoleh, tercatat baru lima desa yang mampu mencapai realisasi PBB-P2 pada 2016. Kelima desa tersebut tersebar ditiga kecamatan, yakni Belitang, Belitang Hulu dan Sekadau Hulu.

Hal itu diungkapkan oleh Kabid Pengelola PBB dan BPHTB, Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah Kabupaten Sekadau Suparmo. Ia menuturkan, lima desa tersebut diantaranya Belitang I, Belitang II, Maboh Permai, Ijuk dan Mondi.

“Lima desa tersebut akan diberikan penghargaan karena peran aktifnya yang mampu merealisasikan pembayaran PBB-P2 tahun 2016,” ujarnya, Jumat (8/9/2017).

(Baca: Tips Hadapi Bencana Banjir Ala Kepala BPBD Sekadau )

Ia menuturkan, hal ini merupakan bentuk apresiasi pemkab Sekadau kepada desa yang mampu mendongkrak pajak atas tingginya kesadaran masyarakat akan kewajibannya kepada negara.

“Misalnya desa diberikan target sesuai objek pajak dan realisasinya sesuai dengan atas bahkan ada yang melebihi target,” ucapnya.

Hal ini, kata Suparmo, menjadi contoh bagi desa lainnya agar warganya taat pajak. Ia menilai, saat ini kesadaran masyarakat tinggi untuk membayar pajak.

“Bahkan setiap hari, pelayanan di kantor mencapai sekitar 20 orang yang mengurus PBB. Ini tentunya berdampak pada dana perimbangan dari pusat ke daerah khususnya ke Sekadau,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help