TribunPontianak/

Diduga Curi Buah Sawit, Seorang Petani Karet di Sambas Dilaporkan ke Polisi

Diduga Curi Buah Sawit, Seorang Petani Karet di Sambas Dilaporkan ke Polisi

Diduga Curi Buah Sawit, Seorang Petani Karet di Sambas Dilaporkan ke Polisi
net
Buah Sawit

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Seorang petani karet berinisial SR (57) dilaporkan ke Polres Sambas atas dugaan pencurian buah kelapa sawit yang berada di Blok J 43, Divisi 6 Kebun Wirata 2 milik PT Wirata Daya Bangun Persada yang terletak di Desa Semanga, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas. Pencurian diduga dilakukan pada Rabu (6/9/2017).

Kaur Litprodok Humas Polda Kalbar, AKP Cucu Safiyudin mengungkapkan, pelapor atas nama Muhammad Hamri (53), Asisten Divisi 6B Wirata 2 yang melaporkan ke Polres Sambas pada Kamis (7/9/2017), bahwa telah terjadi dugaan tindak pidana pencurian buah sawit di Kebun Wirata 2 PT Wirata Daya Bangun Persada.

(Baca: Kebiasaan Generasi Millennial yang Bikin Kantong Kering. Nomor 7 Kamu Banget! )

"Terlapor berinisial SR, seorang petani yang merupakan warga Desa Semanga, Kecamatan Sejangkung. Kejadian diperkirakan pada Rabu (6/9). Ada pun saksi-saksi yang dimintai keterangan, yakni petani berinisial AN (26) dan sekurity Kebun Wirata 2, SG (37)," ungkapnya, Jumat (8/9/2017).

AKP Cucu menguraikan kronologis kejadian. Pada Kamis (7/9) sekitar pukul 09.00 WIB, Asisten Divisi 6B Wirata 2, Muhammad Hamri mendapatkan informasi dari Rinto Sitorus bahwa telah terjadi pencurian buah sawit di Blok J 43 Divisi 6 Kebun Wirata 2.

"Kemudian Muhammad Hamri beserta D Lumban Gaol dan Rinto Sitorus mengecek ke lokasi yang diduga terjadi pencurian buah sawit. Tidak jauh dari lokasi, yaitu kebun karet milik SR yang letaknya bersebelahan dengan kebun sawit Wirata 2, ditemukan tumpukan buah sawit," jelasnya.

(Baca: BPBD Landak Bentuk Posko Bencana Banjir untuk Pusat Data )

Muhammad Hamri kemudian menghubungi SR, dan menanyakan asal buah sawit tersebut.

"SR mengakui bahwa buah sawit tersebut berasal dari kebun sawit Wirata 2. Pada saat dilakukan penimbangan terhadap buah sawit tersebut jumlahnya sebanyak 2.060 kilogram, sehingga Kebun Wirata 2 mengalami kerugian materil sekitar Rp 3.708.000," paparnya.

(Baca: Cabor Panahan Berpeluang Raih Medali Emas di Popnas )

Ada pun barang bukti yang diamankan yakni buah kelapa sawit seberat 2.060 kilogram.

"Pelaku akan dikenakan persangkaan pasal, yakni Pasal 362 KUHP," sambungnya.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help