TribunPontianak/

Layani Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan TKI

BPJS Ketenagakerjaan mulai 1 Agustus 2017 kemarin, resmi memberikan jaminan perlindungan terhadap tenaga kerja yang berada di luar negeri (TKI)

Layani Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan TKI
NET
logo bpjs ketenagakerjaan 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hamdan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - BPJS Ketenagakerjaan mulai 1 Agustus 2017 kemarin, resmi memberikan jaminan perlindungan terhadap tenaga kerja yang berada di luar negeri (TKI).

Perlindungan yang diberikan hanya pada TKI yang berangkat secara resmi bukan secara illegal. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak, Ady Hendrata mengatakan sejak 1 agustus hingga 1 September kemarin secara nasional jumlah TKI yang telah mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan mencapai 45 ribu.

(Baca: Kecelakaan Maut di Kubu Raya Viral, Ini Identitas Korban Meninggal Dunia )

“Untuk kantor cabang Pontianak sebagai daerah perlintasan, kita telah bekerjasama dengan BNP2TKI Entikong, Sambas dan Kota Pontianak. Setiap ada TKI yang ingin mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan kami siap melayani,” ujarnya, Kamis (7/9/2017).

Tidak hanya TKI, Ady juga mengatakan tentang tenaga honorer yang belum terdaftar keikutsertaannya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya hal tersebut merupakan kewenangan dari pemerintah daerah di Kabupaten Mempawah.

(Baca: Satpol PP Ungkap Alasan Gelar Razia Warnet di Pontianak )

“Temen-temen honor banyak mensupport pekerjaan dari pemerintah daerah. Sehingga harapannya mereka juga disiapkan mekanisme penganggaran untuk diikutkan BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan perlindungan dalam bekerja,” ujarnya.

Ia memaparkan tenaga honor itu meliputi berbagai jenis pekerjaan. Seperti guru, penyuluh lapangan, petugas kebersihan dan tenaga lainya yang diberdayakan di dalam lingkungan pemerintah namun berstatus non PNS.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help