TribunPontianak/

Kebaradaan Wisata Air Pauh Tingkatkan Perekonomian Warga Sekitar

Untuk tingkat perekonomian masyarakat disini, (Desa Pangkalan Buton) Alhamdulillah turut meningkat karena pengunjung ramai sekali.

Kebaradaan Wisata Air Pauh Tingkatkan Perekonomian Warga Sekitar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MUHAMMAD FAUZI
Pemandian Air Pauh di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Jumlah kunjungan wisatawan ke daerah wisata di Kabupaten Kayong Utara terus meningkat, tidak hanya Pantai Pulau Datok yang menjadi wisata andalan di Kabupaten Kayong Utara tapi ada juga wisata pemandian air Pauh yang diserbu pengunjung pada hari libur dan hari besar seperti Idul Adha kemarin.

Dikatakan Kepala Desa Pangkalan Buton Ansari untuk lokasi wisata Air Pauh yang berada di wilayah Desa Pangkalan Buton, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara dapat menjadi salah satu peningkatan ekonomi warga sekitar karena banyak masyarakat membuka lapak dagangan dilokasi wisata tersebut sehingga menambah pendapatan masyarakat sekitar.

“Untuk tingkat perekonomian masyarakat disini, (Desa Pangkalan Buton) Alhamdulillah turut meningkat karena pengunjung ramai sekali. Jadi adanya lokasi wisata terdapat nilai plusnya yang juga dirasakan oleh masyarakat,” terang Ansari, Senin (4/9/2017).

(Baca: Pasca Lebaran, Pemandian Air Pauh Dipenuhi Banyak Sampah)

Kades menambahkan, untuk saat ini pihaknya dan warga terus berupaya mengelola lokasi wisata tersebut, dengan menarik tiket masuk ini akan kembali lagi kepada masyarakat, karena diakuinya selama ini lokasi wisata air Pauh kurang perhatian dari pihak Dinas Pariwisata.

“Kita mengaharapkan adanya perhatian dari pemerintah daerah karena selama ini dalam pengelolaan dan menjaga lingkunagan swadaya dari masyarakat. Kedepan kita juga akan kembali melakukan koordinasi bersama pihak Dinas Pariwisata, namun juga pihak Dinas tidak menanggapi kami akan berkerjasama dengan TNGP untuk menigkatkan PAD Desa dan diatur oleh Perdes dalam pengelolaanya,”terangnya.

Ia menambahkan, setiap tahunnya lokasi wisata tersebut selalu mengalami penigkatan jumlah pengunjung. Bahkan diakuinya keasrian tempat wisata ini masih sangat terjaga karena memang masih masuk dalam kawasan Taman Nasional “Setiap tahunnya untuk pengunjung terus megalami penigkatan,”tambahnya.

Sementara itu, ketua panitia lokasi wisata Air Paoh Suryanto mengatakan dalam satu hari, untuk pengunjung yang datang bisa mencapai seribu sampai dua ribu pengujung.

“Biasanya pengujung itu mulai ramai pada siang hari, setelah warga mengunjungi Pantai Pulau Datok. Dan untuk pengnjung saya rasa selama ini terus mengalami penigkatan,”tambahnya.

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help