TribunPontianak/

Relawan 1.000 Guru Kalbar Traveling and Teaching ke Paloh, Ini Maksud dan Tujuannya

Kami mulai berangkat dari Pontianak hari Kamis (24/8) sekitar pukul 22.00, menggunakan dua bus langsung menuju Sambas.

Relawan 1.000 Guru Kalbar Traveling and Teaching ke Paloh, Ini Maksud dan Tujuannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ TITO RAMADHANI
Relawan 1000 Guru Kalbar foto bersama siswa saat kegiatan Traveling and Teaching ke-8 di Dusun Merbau, Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Sambas, Sabtu (26/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Sebanyak 40 relawan komunitas 1.000 guru Kalbar menggelar kegiatan Traveling and Teaching ke-8 di Dusun Merbau, Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Sambas, sejak Jumat (25/8/2017) hingga Minggu (27/8/2017).

"Kami mulai berangkat dari Pontianak hari Kamis (24/8/2017) sekitar pukul 22.00 WIB, menggunakan dua bus langsung menuju Sambas," kata Efsi Kurniasih, Ketua Panitia Pelaksana Traveling and Teaching ke-8 1000 Guru Kalbar, Minggu (27/8/2017).

(Baca: Sapi Lada Hitam, Alternatif Bagi Anda Jika Bosan Masak Daging Rendang )

"Sampai di Dermaga Tanjung kami melanjutkan perjalanan menggunakan satu dump truk menuju lokasi di Dusun Merbau, Desa Sebubus selama sekitar dua jam," tambah Efsi Kurniasih.

Sampai di lokasi, relawan 1.000 guru Kalbar langsung menggelar sejumlah kegiatan setelah menemui Kepala Dusun Merbau, Andika. Dilanjutkan bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

"Sosialisasi yang kami sampaikan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), bersamaan dengan itu kami juga membagi tim untuk melakukan kegiatan outbond dengan siswa SDN 21 Merbau," jelasnya.

Efsi menerangkan, hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengakrabkan diri dengan siswa dan membakar semangat para relawan.

(Baca: Masyarakat Miskin Masih Tinggi, Ini Penjelasan Kepala Bappenas )

"Ada sekitar 110 siswa yang terlibat dalam kegiatan outbond, selain siswa, kegiatan ini juga diikuti guru dan masyarakat sekitar," terangnya.

Menurutnya, kegiatan utama dari Traveling and Teaching ke-8 ini adalah memberikan motivasi kepada siswa agar semakin giat belajar dan dengan semangat yang gigih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

"Kami, anggota Komunitas 1.000 guru Kalbar ini berasal dari berbagai macam latarbelakang pendidikan maupun profesi. Kegiatan sosial yang kami lakukan bertujuan meningkatkan daya minat masyarakat di daerah terpencil untuk peduli terhadap pendidikan anak," paparnya.

Dalam kegiatan ini, para relawan juga mengunjungi beberapa objek konservasi alam di Paloh.

Di antaranya di ekowisata mangrove Kalilaek dan Greenleaf Paloh, serta konservasi penyu di WWF Sungai Belacan, Kecamatan Paloh.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help