TribunPontianak/

Jumlah Anggota KPU di Enam Daerah Kalbar Ini Akan Dikurangi

nantinya akan ada enam kabupaten/kota di Kalbar yang keanggotaan KPU-nya dikurangi dari lima orang menjadi tiga orang.

Jumlah Anggota KPU di Enam Daerah Kalbar Ini Akan Dikurangi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Ketua KPU Kalbar Umi Rifdiawati 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Try Juliansyah

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Terkait pengurangan Anggota Komisioner KPU, menurut Ketua KPU Provinsi Kalbar, Umi Rifdiyawati pengurangan tidak hanya terjadi di Kota Singkawang saja. Namun ada enam Kabupaten/kota yang akan mengalami pengurangan jumlah anggota komisioner.

"Setelah disahkannya Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum, nantinya akan ada enam kabupaten/kota di Kalbar yang keanggotaan KPU-nya dikurangi dari lima orang menjadi tiga orang. 6 KPU kabupaten/kota yang jumlah keanggotaannya akan dikurangi tersebut antara lain Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sekadau, Kota Singkawang, Kabupaten Kayong Utara, dan Kabupaten Melawi,"  ujarnya, Senin (28/8)

Tentu menurut dia dalam pengurangan jumlah Komisioner tersebut berdasarkan beberapa pertimbangan.

"Penyusunan komposisi keanggotaan berdasarkan pertimbangan aspek geografis, di mana akan ada daerah yang dikurangi jumlah anggotanya," ungkapnya.

(Baca Juga: KPU Singkawang Siap Kurangi Jumlah Komisioner

Kendati mengalami pengurangan, ia memastikan jika hal tersebut tidak akan terlalu berdampak pada kinerja KPU di enam Kabupaten/Kota tersebut.

"Jadi, karena ini merupakan perintah undang-undang, jelas harus kita laksanakan. Walaupun dikurangi tidak akan ada kendala dalam pelaksanaan pilkada atau pemilu yang akan dilaksanakan di daerah-daerah tersebut, mengingat, komposisi anggotanya telah disesuaikan dengan dengan kondisi daerah itu sendiri," tutupnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help