TribunPontianak/

Bharata: Jumlah Kelasi Di Hutan Wisata Baning Belum Terdata  

Kasi Wilayah II Sintang Bharata Sibarani mengakui kelasi atau lutung merah merupakan satu diantara kekayaan alam Hutan Wisata Alam Baning.

Bharata: Jumlah Kelasi Di Hutan Wisata Baning Belum Terdata   
Tribun Pontianak/Rizky Prabowo Rahino
Kelasi atau lutung merah yang bernama latin Presbytis Rubicunda sedang asyik mencari makan di pohon-pohon Hutan Wisata Alam Baning yang menjorok ke pinggir Jalan Kelam, Minggu (13/8/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Sintang Bharata Sibarani mengakui kelasi atau lutung merah merupakan satu diantara kekayaan alam Hutan Wisata Alam Baning.

Namun, saat ini terkait jumlah kelasi yang ada di hutan seluas 213 hektare itu dirinya masih belum tahu angka pastinya.

“Kelasi itu memang mudah dijumpai di Jalan Kelam, namun untuk jumlah kelasi di Hutan Wisata Baning belum terdata. Kalau dilihat sih puluhan. Kita patut bersyukur kesadaran masyarakat Sintang terhadap kelestarian kelasi sangat tinggi, tidak ada yang ngacau,” ungkapnya.

Bharata menambahkan pihaknya berencana mendata jumlah kelasi dan beberapa fauna lainnya yang ada di hutan.

(Baca: Ingin Lihat Kelasi atau Lutung Merah, Ke Hutan Wisata Baning Sintang Yuk )

“Nanti akan didata, sehingga kita tahu potensinya. Tidak hanya fauna, flora yang ada di dalam juga. Zonasi pemanfaatan Hutan Wisata Baning juga sudah proses agar nanti Pemkab Sintang bisa memanfaatkan sebagai kawasan wisata,” katanya.

Keberadaan kelasi atau lutung merah dianggap Bharata sebagai nilai tambah Hutan Wisata Alam Baning. Tentunya bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk singgah ke Hutan Wisata Alam Baning saat berkunjung ke Sintang.

“Hutan Wisata Alam Baning ini aset dan ikon. Semoga ke depan, hutan unik yang berada di tengah-tengah hutan ini terus terjaga kelestariannya baik fauna dan flora. Sehingga, generasi muda dan generasi masa depan masih bisa melihatnya. Tidak hanya  mendengar nama saja,” tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help