TribunPontianak/
Home »

Bisnis

» Mikro

Ajang Promosi Produk Unggulan, Stan Kapuas Hulu Puas Penyelenggaraan Kalbar Expo 2017

Paskalia Florentina, S Sos berharap keikutsertaan stan Kapuas Hulu dalam Kalbar Expo 2017 bisa mempromosikan produk unggulan Kapuas Hulu.

Ajang Promosi Produk Unggulan, Stan Kapuas Hulu Puas Penyelenggaraan Kalbar Expo 2017
Tribun Pontianak/Maskartini
Stan Kapuas Hulu tawarkan olahan ikan. Sebanyak 1200 batang krupuk basah terjual selama pameran 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Kapuas Hulu, Paskalia Florentina, S Sos berharap keikutsertaan stan Kapuas Hulu dalam Kalbar Expo 2017 bisa mempromosikan produk unggulan Kapuas Hulu. 

"Harapan kita dengan keikutsertaan dalam Kalbar Expo 2017 bisa mempromosikan produk unggulan Kapuas Hulu. Kali ini tema kita produk olahan ikan, bisa dilihat dari produk yang kita bawa ada krupuk basah, ikan asin dan lainnya. Ada juga tambahan produk lainnya seperti tenun, gelang kerajinan serta potensi investasi," ujar Paskalia pada Minggu (13/8/2017). 

Untuk potensi investasi saat ini diakui Paskalia lebih ke sektor perikanan.

(Baca: Kalbar Expo 2017 Berakhir, Ini Harapan UMKM Jawa Timur )

Diakuinya sebenarnya potensi perkebunan terhadap investasi di Kapuas Hulu lumayan tinggi tetapi karena ada pembatasan untuk lahan sawit sejauh ini PMPTSP lebih mengembangkan sektor perikanan dan pariwisata. 

Sektor perikanan dan pariwisata diakui Paskalia cukup potensial namun masih belum tergarap maksimal. Hal ini ditandai dengan realisasi investasi sektor ini yang terbilang masih rendah.

Investasi sektor pariwisata hanya sebatas agen perjalanan yang menjual paket wisata untuk objek wisata seperti Danau Sentarum.

Secara keseluruhan selama pameran animo masyarakat sangat tinggi terutama untuk olahan ikan yaitu krupuk basah.

"Sampai dengan penutupan sudah 1200 batang terjual. Olahan lain seperti ikan asin puluhan kilo ludes dan olahan lain termasuk krupuk kering juga habis. Madu sebanyak 24 botol juga habis dibeli konsumen," ujarnya. 

Namun minat pengunjung baru sebatas konsumsi dan belum mengarah kepada ketertarikan investasi. "Kalau untuk produk UMKM sesuai target dan kita cukup puas. Ini merupakan keikutsertaan kita ke lima kalinya.

Apalagi hampir semua produk yang kita bawa habis," ujarnya. 

Penulis: Maskartini
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help