TribunPontianak/

Bunut Hilir Masih Terisolir, Warga Hanya Andalkan Transportasi Air

Warga Bunut Hilir,Idot menyatakan kalau kecamatannya masih terisolir karena kalau dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kapuas Hulu

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Salah satu warga Desa Bunut Hilir, Kecamatan Bunut Hilir, Idot menyatakan kalau kecamatannya masih terisolir karena kalau dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kapuas Hulu.

"Sampai saat ini, kami masih mengandalkan transportasi air untuk beraktivitas. Sementara kecamatan lain, sudah memiliki akses transportasi jalan darat yang memadai," ujarnya kepada wartawan, Minggu (13/8/2017).

Dengan ini ia berharap, pembangunan jalan lintas selatan Simpang-Boyan Bunut dapat terus dilanjutkan sampai selesai.

Karena jalan tersebut, sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendongkrak perekonomian.

(Baca: Sambut Meriah Konvoi KCTI dan Velozity, Toyota Malaysia Salut Keangkeran Buaya 74 )

"Jalan itu saat ini belum layak untuk dilalui, sebab gambutnya terlalu dalam, sehingga menyebabkan ban motor tidak bisa bergerak," ucapnya.

Warga lainnya, Ahmad menuturkan, dulunya sebelum dibuka jalan lintas selatan, Kecamatan Bunut Hilir merupakan tempat yang sangat strategis.

Dimana selalu dilintasi dan dijadikan tempat persinggahan para pemudik, ketika hendak pergi ke Putussibau, Sintang maupun Pontianak.

"Dulu akses transportasinya cuma satu yakni transportasi air, setelah dibuka jalur jalan darat lintas selatan, Kecamatan Bunut Hilir menjadi sepi, dan perekonomian tidak seperti dulu," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Bunut Hilir Tabri menyatakan, wilayah Kecamatan Bunut Hilir sangat luas terdiri dari 11 desa, 24 dusun dan 14 Danau.

Untuk mengelola kecamatan ini, dibutuhkan campur tangan, serta perhatian pemerintah baik Daerah, Provinsi maupun Pusat.

"Kami memiliki banyak keterbatasan dalam melakukan pengelolaan, dukungan dan perhatian pemerintah sangat kami harapkan untuk membangun kecamatan Bunut Hilir," ungkapnya. 

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help