TribunPontianak/

Aquscape Mulai Digandrungi Masyarakat, Ini Keistimewaannya

Medianya pake aquarium biasa, tapi saya lihat di youtube aquascape, tertarik dan saya coba membuatnya.

Aquscape Mulai Digandrungi Masyarakat, Ini Keistimewaannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MUHAMMAD FAUZI
Inilah desain aquscape milik satudiantara pencinta aquscape Kayong Utara, Izal. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Muhammad Fauzi

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Aquarium yang menjadi media (tempat) tempat untuk memelihara ikan hias sepertinya tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Berbagai jenis hiasan buatan untuk mempercantik aquarium agar lebih menarik sudah biasa dilakukan pencinta ikan hias ini, namun tahukah, saat ini ada media aquarium yang menggunakan tumbuhan hidup untuk mempercantik aquarium anda dirumah, yaitu yang dikenal Aquascape.

Aquascape sendiri ialah seni menata tumbuhan di dalam air, yang di tambah dengan ornamen lain, seperti kayu, batu, dan tumbuhan air lainnya, sehingga mempercantik aquarium.

Di Kayong Utara, Aquascape belum begitu dikenal masyarakat namun saat ini sudah ada beberapa pencinta ikan hias menggunakan Aquascape untuk mempercantik aquarium dirumah mereka.

Satu di antara pencinta Aquascape Izal menuturkan, dirinya baru 1 bulan terakhir menyulap aquariumnya menjadi aquscape yaitu dengan menata tumbuhan hidup di dalam aquarium.

Baca: BEI Pontianak Juga Gelar Aksi Donor Darah di Acara Senam Sehat, Ini Maksud dan Tujuannya

"Medianya pake aquarium biasa, tapi saya lihat di youtube aquascape, tertarik dan saya coba membuatnya. Saya lihat ini sebuah hal yang baru, memang agak sulit membuat tumbuhan ini hidup di air tapi di youtube tutorialnya cukup banyak, sehingga bisa menjadi panduan kita, " terang Izal, Minggu (13/8).

Dikatakannya, bila melihat bahan-bahan yang sering di gunakan pencinta aquascape, khususnya tumbuhan memang cukup sulit di dapat, namun untuk di daerah Kayong Utara diakuinya beberapa tumbuhan air masih sangat mudah di temui di beberapa parit atau aliran sungai.

"Kalau cari bahan-bahanya, khsusnya tumbuhan memang sulit juga, tapi kita pakai tumbuhan air yang ada di sekitar kita saja. Kalau mau beli tumbuhan dan alat-alat di toko-toko online juga ada, tergantung keinginan masing-masing, "jelas Rizal.

Menurutnya, seni dari hobi aquascape ini ialah merakit atau menata tumbuhan yang ada. Namun untuk pencinta aquascape pemula diakuinya harus memahami beberapa hal, agar tumbuhan yang di tanam di dalam aquarium dapat tumbuh dengan sempurna.

"Bahan utamanya kita harus memiliki tanah khusus, yang disebut pasir malang, itu media dasar untuk menanam tumbuhan air, labih baik lagi kita tambahkan pupuk khusus, banyak di jual di toko online, atau tokoh ikan hias. Dan kita harus memiliki lampu LED pengganti matahari, sehingga tanpa mataharipun tumbuhan bisa hidup, "tambahnya. 

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help