TribunPontianak/

Warga Dorong Pemkot Pontianak Miliki Pemakamam Umum

Satu diantara warga yang diwawancarai, Ridwan (26) mengaku kalau ia sangat mendukung adanya pemakaman umum yabg dimiliki oleh Pemkot.

Warga Dorong Pemkot Pontianak Miliki Pemakamam Umum
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Masyarakat mulai menggelar tradisi ziarah kubur seperti di pemakaman muslim Sungai Bangkong, Jalan Putri Dara Nante, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (24/5/2017) sore. Tradisi membersihkan makam dan berdoa ini dilakukan masyarakat menjelang bulan suci Ramadan. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dorongan agar Pemerintah Kota Pontianak memiliki pemakaman datang dari warganya. Selama ini Pemkot Pontianak memang belum memiliki pemakaman umum. Sedangkan pemakaman yang ada saat ini hanya wakap-wakap dari warga.

Satu diantara warga yang diwawancarai, Ridwan (26) mengaku kalau ia sangat mendukung adanya pemakaman umum yabg dimiliki oleh Pemkot.

"Saat ini memang kalau pemakaman dalam kota nampaknya udah penuh semua, itukan wakap keluarga. Kita dukung Pemkot membuat pemakaman umum," ucapnya warga yang tinggal di Sungai Jawi ini, Sabtu (12/8/2017).

Ia juga mendukung adanya dorongan dari DPRD yang menginginkan adanya penataan yayasan pemakaman sehingga kedepan pemakaman bisa diatur sebaik mungkin.

Baca: Yayasan Pemakaman Butuh Badan Hukum

Pemakaman yang ada di Pontianak ia katakan memang sudah tampak penuh, bahkan pengalamannya beberapa waktu lalu, ada kerabat yang meninggal dan mau dimakamkan di pemakaman muslim Jalan Tabrani Ahmad atau persimpangan Jalan Tebu, namun pengurus makam mengatakan saat itu sudah tidak ada lahan kosong lagi. Sehingga pihak keluarganya harus mencari pemakaman yang lainnya.

Ia juga berharap penataan pemakaman dapat lebih baik tidak seperti saat ini yang dikatakannya hampir semua pemakaman tampak semraut.

Warga lainnya, Septian (37) menyampaikan hal serupa jika ia mendukung penertiban dan pembinaan yayasan pemakaman di Pontianak. Saat ini ia katakan memang pemakaman khususnya muslim pemakaman ia belum pernah mendengar adanya yayasab khusus mengurus pemakaman sehingga sifatnya memang masih esidentil.

"Saat ini memang kalau saya liat dan sepengetahuan saya belum ada yayasan pemakaman khususnya muslim. Memang pemakaman kita ini masih bersifat dadakan," ucapnya.

Ia menambahkan kalau penataan pemakaman akan lebih baik jika ada yayasan khusus sehingga ada yang bertanggung jawab terhadap makam tersebut.

Penulis: Syahroni
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help