TribunPontianak/

TYCI Gelar Touring Antar Bangsa 2017, Ini Maksud dan Tujuannya

Sebuah touring panjang yang bakal dijalani tim-nya melintasi tiga negara ASEAN yang ada dalam satu pulau ini.

TYCI Gelar Touring Antar Bangsa 2017, Ini Maksud dan Tujuannya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / ISHAK
Managing Directur Anzon Toyota Pontianak, Leo johan Susanto, melepas rombongan Touring Antar Bangsa 2017 TYCI di halaman showroom tersebut, Sabtu (12/08/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak Ishak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) mengadakan touring. Pesona tanah Kalimantan menjadi tantangan untuk ditaklukkan.

"Karena kami penggila touring, kami mencari daerah yang belum pernah dijelajahi. Kebetulan, di Kalbar ada jalan darat yang bisa rangkum tiga negara, ya sudah, kami adakan saja," ujar Ketua Umum TYCI Pusat, Yudi Setiabudi, di sela-sela acara Touring Antar Bangsa TYCI 2017, di showroom Anzon Toyota Pontianak, Sabtu (12/08/2017).

Alasan ini pulalah katanya yang membuat agenda ini kemudian dilabeli Touring Antar Bangsa, Jelajah Negeri Tiga Serumpun. Sebuah touring panjang yang bakal dijalani tim-nya melintasi tiga negara ASEAN yang ada dalam satu pulau ini.

"Dari 2007-2008, seluruh wilayah Jawa dan Sumatera nyaris sudah dijelajahi. Bali kami sudah dua kali, khusus Jawa kami bahkan sudah sampai Madura," bebernya.

Sedangkan tanah Kalimantan, masih terbilang masih 'perawan' bagi pihaknya. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk ditaklukkan sebagaimana yang sudah-sudah.

Baca: Terima Laporan Penyalahgunaan di Medsos, Ini Kata Kapolsek Singkawang Barat

Ia menceritakan, ide menggulirkan agenda ini sendiri sudah berlangsung sejak lama. "Pada saat deklarasi TYCI Chapter Kalbar, Januari 2016, terfikir adakan touring yang selama ini belum pernah dilakukan," jelasnya.

Pada momen ini pula, digagas untuk touring panjang ke Brunei. Sejumlah persiapan lantas ditindaklanjuti.

Desember 2016, katanya, pihaknya langsung survey untuk test road dan aspek perizinan. Termasuk di tiap-tiap perlintasan antar negara.

"Alhamdulillah semuanya lancar. Kami sudah lakukan langsung survey-nya, jadi bukan hanya via internet atau sebagainya," bebernya.

Ada 3 standar touring di TYCI, yakni pendek, panjang, dan menengah. Touring yang bakal menjajal jalan dengan panjang lebih kurang 3 ribu KM inipun masuk dalam kategori touring panjang yang begitu menantang.

"Ini touring internasional pertama TYCI Kalbar. Juga yang pertama touring kami ke Brunei Darussalam," pungkasnya. 

Penulis: Ishak
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help