TribunPontianak/

Gelar Musyawarah, Ketua MUI Pastikan Umat Islam Singkawang Bersikap Moderat

Oleh karena itu, ia menilai memang pelaksanaan kegiatan Musyawarah Umat Islam ini sangat perlu diselenggarakan, khususnya secara internal.

Gelar Musyawarah, Ketua MUI Pastikan Umat Islam Singkawang Bersikap Moderat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / WAHIDIN
Ketua MUI Kota Singkawang, Arnadi Arkan menyampaikan sambutan pada kegiatan Musyawarah Umat Islam di Basement Kantor Walikota Singkawang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Wahidin

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Ketua MUI Kota Singkawang, Arnadi Arkan mengatakan bahwa perlunya ukhuwah dan sikap umat di Kota Singkawang yang multikultur untuk saling menghargai dan toleran dengan agama lain.

Langkah nyata yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu adalah memberikan sertifikasi halal, menurutnya hal ini tidak lain adalah memudahkan pengunjung dan mendukung pariwisata Kota Singkawang.

Selain itu, saat ditemui Tribun Pontianak usai kegiatan Musyawarah Umat Islam yang diselenggarakan MUI Kota Singkawang di Basement Kantor Walikota Singkawang, menegaskan banyak materi penting yang disampaikan.

"Saya rasa umat islam di Kota Singkawang hari ini sangat beruntung. Mereka sekarang paham, jangan karena ada sedikit umat Islam yang keras membawa imets tersebut kepada umat Islam di Kota Singkawang yang banyak," katanya, Sabtu (12/8/2017) pagi.

Ia memastikan bahwa sampai saat ini, umumnya umat Islam di Kota Singkawang masih bersikap moderat. Meskipun ia tidak menampik bahwa memang saat ini sudah ada segelintir yang beraliran keras.

Oleh karena itu, ia menilai memang pelaksanaan kegiatan Musyawarah Umat Islam ini sangat perlu diselenggarakan, khususnya secara internal. Sehingga toleransi antar umat jangan sampai disalahartikan.

"Kita multikultural tapi harus bersikap plural. Kitaa menghormati mereka (agama lain) dan kita juga berharap ke depannya mereka menghormati kita. Baik masalah makanan, pakaian, dan itu sudah mulai kita dialogkan. Bedakan antara keras dan toleransi beragama," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help