TribunPontianak/

Asyik, Bayar PBB P2 di Sintang Sudah Bisa Online

Pemkab Sintang telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pembayaran PBB P2 secara online dengan Bank Kalbar Sintang

Asyik, Bayar PBB P2 di Sintang Sudah Bisa Online
IST
Bupati Sintang Jarot Winarno didampingi Sekda Sintang Yosepha Hasnah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pembayaran Pajak dan Bumi Bangunan (PBB P2) secara online dengan Bank Kalbar Kabupaten Sintang, belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pembayaran Pajak dan Bumi Bangunan (PBB P2) secara online dengan Bank Kalbar Kabupaten Sintang

 Kepala Dinas Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang Drs Mas’ud Nawawi Msi menerangkan pada tahun-tahun sebelumnya, pembayaran PBB P2 masih dilakukan secara manual. Di tahun 2017 ini, pembayaran PBB P2 secara online baru diterapkan pertama kali.

 “Penandatanganan MoU langsung dilakukan Pak Bupati didampingi Bu Sekda. Disaksikan juga pihak Bank Kalbar Sintang. Kalau ndak salah Selasa (8/8) kemarin,” ungkapnya kepada Tribun Pontianak, Jumat (11/8/2017) siang.

Pembayaran PBB P2 online dinilai Mas’ud lebih ekonomis dan menguntungkan. Aplikasi sistem membuat wajib pajak tidak perlu repot-repot datang ke kantor saat pembayaran PBB P2. Pembayaran juga fleksibel lantaran bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun.

(Baca: Kukuhkan 34 Paskibraka Sintang, Ini Wejangan Askiman )

 “Bayar ndak perlu datang ke kantor, ndak perlu ngantri. Memang penerapan aplikasi PBB P2 secara online bertujuan mempermudah pelayanan dalam pembayaran pajak,” jelasnya.

Mas’ud berharap penerapan sistem pembayaran PBB P2 online bisa mengantisipasi keterlambatan pembayaran. Pasalnya, keterlambatan pembayaran PBB P2 dari wajib pajak masih kerap ditemui di lapangan.

“Keterlambatan pembayaran PBB P2 ini jadi atensi serius Pemkab Sintang,” harapnya.

Mas’ud menambahkan sebelumnya wacana pembayaran PBB P2 sistem online memang sudah dijajaki sejak tahun 2016 lalu. Beberapa kali pertemuan juga telah digelar antara pihak Pemkab Sintang dengan Bank Kalbar.

 “Kebetulan kita bisa siapkan aplikasinya. Pemkab Sintang dan Bank Kalbar pun sepakat, lantas diperkuat dengan MoU,” tukasnya.

 Sementara itu, Bupati Sintang Jarot Winarno menyambut baik penerapan sistem aplikasi pembayaran PBB P2 online via Bank Kalbar.

 “Ya, Pemkab Sintang tentu sambut baik. Karena sistem aplikasi online ini punya value added (nilai tambah);red) dan manfaat positif,” ungkapnya.

 Jarot menambahkan kemajuan teknologi dan informasi serba canggih harus dimanfaatkan untuk kemudahan hidup manusia. Pemanfaatannya harus secara positif dan aplikatif.

 “Seperti penerapan sistem online PBB P2 ini mempermudah masyarakat. Waktu lebih efisien dan efektif,” pungkasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help