TribunPontianak/

Antar Calon Jemaah Haji ke Batam, Ini Pesan Gubernur Cornelis

"Dari Pontianak menuju Batam tanggal 9 Agustus 2017 dan keberangkatan terakhir tanggal 14 Agustus 2017.

Antar Calon Jemaah Haji ke Batam, Ini Pesan Gubernur Cornelis
ISTIMEWA
Gubernur Kalimantan Barat Cornelis, mengantar Jamaah Calon Haji Asal Kalbar yang akan terbang mengunakan Sriwijaya Air, menuju Batam, Rabu (9/8). 

Citizen Reporter

Humas Pemprov Kalbar

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK -  Gubernur Kalbar, Cornelis didampinngi Sekda M Zeet Hamdy Ashovie, Ketua PPIH Kalbar Mahmudah, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengantar Jamaah Calon Haji sampai ke dalam pesawat Sriwijaya Air, di Bandara Supadio Pontianak, Rabu (9/8/2017).

Mereka terlihat menaiki pesawat yang beberapa waktu lagi akan terbang membawa rombongan calon Jamaah menuju Batam, selanjutnya terbang menuju Tanah Suci.

Kepada Jemaah Calon Haji, Cornelis itu meminta maaf tidak bisa mengantar sampai Batam, tetapi Sekda yang akan mendampingi, bersama PPIH Kalbar, “Saudara Saudari, mohon maaf, saya ndak bisa ngantar sampai ke Batam, Pak Sekda yang antar, semoga kita selamat sampai ke tujuan, dan kembali ke sini lagi selamat, Tuhan memberkati kita semua,” ujar Cornelis, kepada Jamaah Calon Haji. Kemudian, serempak Jamaah menyambutnya dengan, “Amin.”

(Baca: Dalam Seminggu Sutarmidji Boyong Dua Penghargaan, Ini Prestasinya Sebagai Wali Kota Pontianak

Cornelis berikan perhatian serius kepada jemaah calon haji asal kalbar. Di sela-sela kegiatan yang padat dirinya menuju Bandara Supadio Pontianak untuk melepas keberangkatan jemaah calon haji menuju embarkasi Batam.

Dalam pesawat yang ditumpangi oleh jemaah calon haji kloter 11, Cornelis mengatakan akan selalu berdoa untuk para jemaah calon haji untuk selalu diberikan kesehatan, dan bisa kembali ketanah air dengan selamat.

Memang, menurut Cornelis, sejak Bupati, dirinya selalu membiayai dua orang setiap kali musim naik haji, khusus bagi orang yang tidak mampu, sampai menjadi Gubernur, Ini menurutnya wujud dari pengamalan Pancasila dan toleransi,“Kita menolong orang yang tidak mampu yang punya niat untuk menjalankan rukun Islam ke-lima,” ujarnya.

PPIH Kalbar, Mahmudah mengatakan, pihaknya sudah menetapkan enam kali keberangkatan jemaah haji asal Kalbar, dimana untuk keberangkatan pertama yang akan diberangkatkan adalah kloter 11, 12 dan 13. Kemudian, keberangkatan kedua, kloter 14, 15 dan 16.

Dijelaskannya, sama seperti tahun sebelumnya Kalbar memiliki enam kloter untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

"Dari Pontianak menuju Batam tanggal  9 Agustus 2017 dan keberangkatan terakhir tanggal 14 Agustus 2017. Kemudian, waktu kembali jemaah, tiba di Batam tanggal 18 September 2017 dan tanggal 19 September 2017 tiba di Pontianak," tuturnya. 

(Baca Juga: Bos Retoran Tampar Karyawan di Depan Pengunjung, Ini yang Terjadi Kemudian

Saat ini, lanjutnya, pihaknya terus melakukan berbagai persiapan untuk keberangkatan jamaah haji tersebut, termasuk mengecek paspor jemaah calon haji. "Saat ini yang sudah dipegang sekitar 1.720 paspor, selebihnya dalam proses visa di Jakarta. Kita yakin, mendekati hari keberangkatan semuanya sudah tuntas, karena pada H-4 keseluruhan paspor dibawa ke Batam, sebelum para jemaah terbang di Mekkah," katanya.

Ia menambahkan data terakhir jemaah asal kalbar berkurang sebanyak dua orang dari jumlah awal. Dari 2.527 menjadi 2.523 jemaah. Pengurangan itu karena ada jemaah haji yang mutasi ke luar daerah dengan berbagai alasan.  "Salah satu alasannya pindah tugas. Keluarnya delapan dan masuk enam, jadi seharusnya 2.527 menjadi 2.523, tapi jika bisa dikejar, Insya Allah jumlahnya tetap sama.” Demikian Mahmudah menjelaskan. (*)

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help