Musnahkan Barang Tangkapan, Ini Penjelasan KPPBC TMP B Pontianak

Pemusnahan sejumlah barang hasil tangkapan adalah dari periode tahun 2016

Musnahkan Barang Tangkapan, Ini Penjelasan KPPBC TMP B Pontianak
Tribun Pontianak/Ridho Panji
Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean B Pontianak, Dwiyono Widodo (sebelah kanan tidak berkacamata) saat diwawancarai usai pemusnahan sejumlah barang hasil tangkapan 2016/2017, Rabu (9/8/2017) 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya Pabean B Pontianak, Dwiyono Widodo menuturkan pemusnahan sejumlah barang hasil tangkapan adalah dari periode tahun 2016. 

"Jadi bahan tegahan bea cukai Pontianak banyak, ada yang nantinya dimusnahkan dan ada barang yang bisa dilelang, serta dihibahkan," katanya, Rabu, (09/08/2017).

Menurutnya, proses untuk tahun 2015/2016 banyak barang yang kemungkinan diselesaikan dengan cara lelang yang tentu dengan persetujuan KPKNL setelah ada persetujuan baru akan ada pelelangan oleh KPKNL dengan sistem lelang.

Lalu untuk barang tangkapan atau tegahan periode 2017 baru akan bisa dilaksanakan akhir ataupun awal tahun.

(Baca Juga: Bea Cukai Pontianak Musnahkan Barang Bukti

Barang yang dimusnahkan adalah barang lama, namun lama karena proses administrasi untuk bisa ditetapkan lelang atau musnahkan butuh waktu dalam artian ketika di tegah, bea cukai masih memberikan kesempatan untuk mengambil barang jika mempunyai dokumen, sekitar 2/3 bulan, jika tidak ada baru akan diproses. 

"Jadi memang dibutuhkan proses yang panjang," katanya.

Dikatakannya, barang-barang tersebut jika dari sisi jumlah ketika dimusnahkan paling banyak rokok yang berasal dari operasi pasar di wilayah Bea dan Cukai Pontianak.

Bea dan Cukai Pontianak sendiri membawahi tiga kabupaten kota, yaitu Kota Pontianak, Kabutan Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help