TribunPontianak/

Awas Bahaya Mengancam Anda, Peneliti Sarankan Ganti Spons Cuci Piring Seminggu Sekali

Para peneliti juga menyebutkan, mencuci spons cuci piring, memanaskannya dengan microwave, atau merebusnya dalam air mendidih, tidak membunuh semua...

Awas Bahaya Mengancam Anda, Peneliti Sarankan Ganti Spons Cuci Piring Seminggu Sekali
NBC NEWS
Spons cuci piring sebaiknya diganti seminggu sekali. 

 TRIBUNPONTIANANAK.CO.ID - Di antara sekian banyak peralatan dapur yang rutin digunakan, spons cuci piring adalah salah satu yang digunakan tiap hari. Bahkan, sehari bisa beberapa kali pakai.

Tetapi, banyak ibu yang jarang mengganti spons cuci piring, dan lebih memilih mencucinya saja agar bersih.

Nah, kebiasaan buruk ini sebaiknya cepat dihentikan, Bu. Kenapa?

(Baca Juga: Perempuan Mesti Tahu, Inilah Cara Mudah dan Benar Bersihkan Miss V Saat Menstruasi

(Baca Juga: Tanpa Minum Obat, Empat Cara Alami dan Efektif Hilang Sakit Kepala

(Baca Juga: Enam Nama Bayi yang Dilarang Islam, Nomor 4 Paling Banyak Digunakan

Menurut sebuah penelitian terbaru, sebaiknya kita mengganti spons cuci piringsetiap minggu karena ternyata benda yang berguna untuk membersihkan peralatan makan dan masak tersebut merupakan tempat favorit bagi kuman untuk berkembang biak.

“Spons cuci piring adalah tempat favorit kehidupan mikroba karena memiliki area permukaan yang sangat besar, biasanya basah, dan disimpan di lingkungan dapur yang hangat. Kotoran dan sisa-sisa makanan yang tertinggal di spons juga menjadi makanan bagi bakteri,” jelas Profesor Markus Egert, ahli mikrobiologi di Universitas Furtwangen di Jerman, yang juga pemimpin penelitian ini.

Para peneliti juga menyebutkan, mencuci spons cuci piring, memanaskannya dengan microwave, atau merebusnya dalam air mendidih, tidak membunuh semua kuman yang ada.

Malahan, membuat kuman lebih banyak bertahan.

Dari penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa spons dapur bekas, meski yang kondisinya masih terlihat bagus, bisa menjadi "rumah" bagi hampir lima triliun bakteri.

Banyaknya jumlah bakteri ini, membuat spons cuci piring bahkan lebih kotor dari limbah toilet.

“Tiap sentimeter kubik jaringan spons mengandung tujuh sampai delapan kali lebih banyak bakteri daripada jumlah manusia yang tinggal di bumi,” kata Profesor Egert.

Dari sekian banyak bakteri tersebut, para peneliti menemukan beberapa jenis yang dapat membahayakan anak-anak dan orangtua.

Jadi mereka mendorong para ibu yang memiliki anak atau orangtua, terlebih yang sedang sakit, untuk mengganti spons cuci piring secara rutin seminggu sekali.

Editor: Mirna Tribun
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help