TribunPontianak/
Home »

Sport

Terus Tingkatkan Kualitas Wasit Karate Kalbar

Jadi wasit juri yang kita tatar diturunkan agar netral. Forki membawahi lima aliran di Kalbar. Maka kita bagaimana harus seadil-adilnya.

Terus Tingkatkan Kualitas Wasit Karate Kalbar
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Penyerahan piala pada Kejuaraan karate terbuka di Rumah Radakng Sabtu (6/8/2017) malam. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Wasit Forki Kalbar H Suwito menegaskan bahwa setiap wasit dan juri sebelum pertandingan, mengikuti penataran terlebih dahulu, untuk memperdalam aturan baik secara teori maupun praktek.

"Karena setiap peraturan yang ada, banyak peraturan yang baru. Selalu ada perubahan, ini sudah ditentukan WKF (World Karate Federation), sampai ke AKF (Asian Karate Federation) hingga Nasional,"kata Suwito disela penutupan Kejuaraan Forki Kota Pontianak Sabtu (6/8/2017) malam.

Perubahan-perubahan aturan disetiap pertandingan ini merupakan hasil observasi yang dilakukan baik WKF maupun AKF. Ini menurutnya sebagai bentuk persiapan jelang olimpiade.

"Jadi wasit juri yang kita tatar diturunkan agar netral. Forki membawahi lima aliran di Kalbar. Maka kita bagaimana harus seadil-adilnya. Wasit dan juri ditatar sebagai pengadil betul-betul dia berkualifikasi,"jelasnya.

Baca: Kejuaraan Karate Sebagai Penyemangat Altet Daerah

Kualifikasi wasit ini, sudah jelas jenjangnya, dari tingkat daerah, nasional Asia hingga dunia. di Kalbar rata-rata berkualifikasi Nasional dan hanya satu yang bertaraf asia yakni H Suwito.

Perubahan -perubaham aturan ini sudah disosialisasikan, pada saat penataran wasit dan terbuka untuk seluruh aliran.

Penulis: Zulkifli
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help