TribunPontianak/

Begini Cara Penanganan Pertama Jika Digigit Hewan Terpapar Rabies

Jika tidak ada air mengalir, maka dua orang harus melakukannya. Satu menyiram dengan air dan satu mengosok hingga berbusa.

Begini Cara Penanganan Pertama Jika Digigit Hewan Terpapar Rabies
Net
Ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kalbar Marsalena mengatakan masyarakat harus mengetahui tindakan pertama saat digigit hewan yang diduga penular virus rabies.

Menurutnya penanganan pertama itu ialah dengan mencuci luka yang digigit hewan tersebut selama kurang lebih 15-20 menit. Lalu pastikan luka itu dicuci dengan air mengalir.

“Jika tidak ada air mengalir, maka dua orang harus melakukannya. Satu menyiram dengan air dan satu mengosok hingga berbusa,” katanya, Selasa (25/7/2017).

Setelah dicuci luka tersebut barulah diberikan yodium atau betadine. Kemudian korban gigitan harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

“Bisa itu Polindes, Postu dan Puskesmas, bahkan segera dilarikan ke rumah sakit jika memang dikhawatirkan,” tuturnya.

Baca: Populasi Anjing Terbanyak, Pontianak Utara Terdeteksi Rawan Rabies

Ia menuturkan dalam kasus ini korban gigitan harus mendapat tiga kali vaksin. Pertama setelah terkena gigitan, kemudian dilanjutkan di hari ke tujuh baru terakhir di hari ke-21.

Masyarakat harus di vaksin untuk menghindari kasus kematian. Informasi seperti ini harus sampai ke masyarakat tingkat pedesaan.

Karena itu ia berharap dinas kesehatan kabupaten/kota gencar mensosialisasikan ke masyarakat penanggulangan pertama setelah digigit hewan penular rabies.

Halaman
12
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help