TribunPontianak/

Pemkab Sintang Sayangkan Pengunduran Puluhan Calon GGD

Saya sampai sekarang belum dapat kabar pengunduran diri puluhan guru GGD. Tapi kalau ini benar, tentu sangat disayangkan sekali.

Pemkab Sintang Sayangkan Pengunduran Puluhan Calon GGD
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIZKY PRABOWO RAHINO
Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang Yustinus. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Yustinus menyayangkan pengunduran puluhan calon Guru Garis Depan (GGD) Kabupaten Sintang. Pasalnya, program GGD diharapkan mampu atasi problem pendidikan di wilayah 3 T yakni Terdepan, Terluar dan Tertinggal.

“Saya sampai sekarang belum dapat kabar pengunduran diri puluhan guru GGD. Tapi kalau ini benar, tentu sangat disayangkan sekali,” ungkapnya kepada Tribun Pontianak, Senin (17/7/2017) siang.

Program GGD dianggap mampu mengurangi kebutuhan tenaga pengajar di daerah pedalaman Kabupaten Sintang. Seperti diketahui, Kabupaten Sintang masih kekurangan banyak guru.

“Yang saya sayangkan lagi, sebelumnya program GGD ini juga menyulitkan putera-puteri daerah saat penerimaan. Ada persyaratan dari Pusat bahwa calon guru harus punya sertifikat pendidik,” terangnya.

Baca: Puluhan Calon Guru Garis Depan Mengundurkan Diri

Keharusan memiliki sertifikat pendidik membuat putera-puteri daerah tidak bisa ikut tes lantaran persyaratannya kurang. Otomatis, banyak calon GGD yang lulus adalah orang luar Sintang.  

 “Cukup kecewa juga. Karena program GGD ini harapan. Ketika lulus dan siap penempatan, malah mereka tidak siap ke daerah. Kalau ditanya terkait sanksi pengunduran diri, itu langsung dari Kemendikbud. Pembatalan sudah pasti. Kami tidak ada kewenangan,” tukasnya.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help