TribunPontianak/

OJK Kalbar Target Kredit Tumbuh 10 Persen

Diharapkan sejak April hingga Desember meningkat, saya melihat akan konstan pertumbuhannya

OJK Kalbar Target Kredit Tumbuh 10 Persen
TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI
Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalbar Asep Ruswandi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalbar, Asep Ruswandi mengatakan pertumbuhan kredit pada triwulan 1 2017 cukup menggembirakan. Jika pada Desember 2015 penyaluran kredit perbankan di Kalbar sebesar Rp38,2 triliun, Desember 2016 sebesar Rp43,7 triliun dan pada triwulan 1 2017 Rp44,3 triliun.

"Ini cukup menggembirakan karena baru 1 triwulan sudah tumbuh. Pada triwulan 1 2017 penyalurannya mencapai Rp44,3 triliun (ytm). Nah, pada Desember 2015 penyaluran kredit perbankan di Kalbar sebesar Rp38,2 triliun (yoy) dan Desember 2016 sebesar Rp43,7 triliun,"ujar Asep saat di konfirmasi pada Minggu (16/7/2017).

Asep mengatakan ia optimistis karena melihat masih ada waktu. Terutama proyek-proyek pemerintah sebagai penggerak roda perekonomian.

"Sehingga akan menggerakkan sektor swasta karena awal tahun masih melambat. Diharapkan sejak April hingga Desember meningkat, saya melihat akan konstan pertumbuhannya,"ujar Asep.

Meski tidak dipungkiri situasi belum membaik secara keseluruhan namun Asep mengaku pertumbuhan kredit tumbuh positif. Ia pun berharap prestasi pertumbuhan kredit tidak lebih dari tahun-tahun sebelumnya. "Target dan harapan kita bisa tumbuh di 10 persen tahun ini. Mudah-mudahan seperti itu bisa tercapai,"ujar Asep.

Kalbar kata Asep memiliki banyak bank-bank yang berkantor di Jakarta namun menyalurkan kreditnya. "Apalagi bank yang memang berada di sini kalau di bank itu kan ada batas kewenangan dan memang tidak d diolah oleh kantor cabang sini tetapi diolah oleh kantor pusatnya ada juga beberapa Bank yang tidak ada kantor bank di sini tetapi debitutnya di sini,"ujarnya.

OJK kata Asep sering kali mendapatkan kunjungan OJK untuk melihat debitur di Pontianak khususnya. "Ada debitur bank di Jakarta di sini. Meskipun tidak memiliki kantor di sini, semoga Kalbar tetap menarik bagi investor maupun perbankan yang belum berlokasi disini. Bisa kita artikan bahwa dana masyarakat Kalbar tidak keluar justru dana masuk,"ujar Asep.

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help