TribunPontianak/

Konsultasi Psikolog

Hadapi Orang yang Miliki Egois

Oleh karena itu modal yang paling utama untuk berubah adalah kesadaran, kesadaran bahwa sifat atau karakter tersebut memberi pengaruh buruk terhadap..

Hadapi Orang yang Miliki Egois
TRIBUNFILE/IST

Pertanyaan

Selamat pagi mbak. Saya mau tanya, bagaimana caranya supaya tidak egois. Dan memaklumi orang-orang yang egois atau mungkin menghiangkan sifat egois dari diri seseorang, apakah itu diri sendiri atau orang lain. M (20) Pontianak

Jawaban

Salam M, memang tidak mudah untuk mengubah sifat dan karakter seseorang, apalagi bila yang bersangkutan tidak menyadari bahwa sifat atau karakter yang dimilikinya membuat orang-orang di sekitarnya menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu modal yang paling utama untuk berubah adalah kesadaran, kesadaran bahwa sifat atau karakter tersebut memberi pengaruh buruk terhadap diri sendiri, bahkan juga merugikan bagi orang-orang di sekitar kita.

Baca: Empat Cara Mudah Buktikan WhatsApp Anda Diblokir Seseorang

Selanjutnya, adalah kemauan atau kesediaan untuk berubah.

Selain itu semakin muda usia seseorang memiliki kesadaran untuk berubah, maka perubahannya lebih cepat daripada kesadaran itu terjadi setelah usia yang lebih lanjut, karena kepribadian sudah semakin terkritalisasi sehingga sulit untuk berubah.

Menghadapi atau membuat orang egois menjadi sadar adalah pekerjaan yang tidak mudah, karena tentu akan banyak mendapatkan penolakan dan pertentangan darinya.

Orang egois biasanya memiliki harga diri yang begitu tinggi, sehingga jangan mengevaluasinya di depan orang, lebih baik berbicara dari hati ke hati dengannya, dan harus menghadapinya dengan ekstra sabar, karena bukannya mendengar apa yang kita sampaikan, mereka akan cenderung untuk defensif dan selanjutnya menyerang balik apa yang disampaikan oleh kita.

Sumber: Psikolog Persona Consulting, Rika Indarti

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help