TribunPontianak/

Tanaman Sorgum Jadi Altrenatif Krisis Pangan dan Energi Masa Depan

Sorgum merupakan sumber karbohidrat bagi manusia. Sorgum bisa jadi substitusi empat komoditi pangan lainnya

Tanaman Sorgum Jadi Altrenatif Krisis Pangan dan Energi Masa Depan
TRIBUNPONTIANAK/RIZKY PRABOWO RAHINO
Sekretaris Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sintang Ir H Juwita MSi saat diwawancarai Tribun Pontianak di ruang kerjanya, Jumat (7/4/2017) siang. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG – Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Sintang, Juwita menjelaskan sorgum merupakan tanaman serbaguna. Pasalnya, ragam manfaat didapatkan manusia dari budidaya sorgum.

“Kelebihan sorgum itu 3 F yakni Food, Feed dan Fire,” ucapnya saat diwawancarai Tribun di ruang kerjanya, Jumat (14/7/2017) Siang.

Sorgum merupakan sumber karbohidrat bagi manusia. Sorgum bisa jadi substitusi empat komoditi pangan lainnya. Selain manusia, beberapa bagian tanaman sorgum juga jadi pakan hewan ternak.

“Selain itu, ampas usai penggilingan nira batang bisa dijadikan bahan baku biomassa. Hasilnya berupa etanol dan tentunya berguna bagi pengembangan listrik biomassa di masa mendatang. Ini sangat potensial dan peluang bagi petani,” jelasnya.

Juwita menambahkan sorgum jadi satu diantara alternatif komoditi menghadapi krisis pangan dan krisis energi di masa depan. Permintaan dari luar negeri cukup banyak. Banyak perusahaan atau pabrik yang menjalin kerjasama atau MoU untuk menampung hasil produksi sorgum dari petani-petani Indonesia.

“Produk hilir sorgum cukup banyak misalnya beras sorgum, tepung sorgum, sirup, gula, kecap, silase atau makanan ternak dan bioetanol. Gula sorgum bahkan bagus bagi penderita penyakit diabetes. Semoga ke depan budidaya sorgum berjalan di Kabupaten Sintang,” pungkasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help