TribunPontianak/

Arab Saudi Musim Panas, Sekda Minta Calon Jemaah Haji Jaga Kesehatan Fisik

Saat ini Arab Saudi memasuki musim panas. Dimana suhu atau cuaca tentunya juga tinggi di sana, biasanya mencapai 50 derajat.

Arab Saudi Musim Panas, Sekda Minta Calon Jemaah Haji Jaga Kesehatan Fisik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Sekda Kapuas Hulu Muhammad Sukri. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Sahirul Hakim

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Menanggapi persiapan keberangkatan calon jemaah haji (calhaj) asal Kapuas Hulu tahun 2017, Sekertaris Daerah (Sekda) Kapuas Hulu, H Muhammad Sukri menyataka, calon jamaah haji harus mempersiapkan kesehatan.

"Mengapa harus menjaga kesehatan karena, menjalankan ibadah haji di Mekah Arab Saudi cukup lama. Mereka disana sekitar 20 hari, jadi harus betul-betul menjaga fisik, mental, dan kesehatan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (14/7/2017).

Saat ini Arab Saudi memasuki musim panas. Dimana suhu atau cuaca tentunya juga tinggi di sana, biasanya mencapai 50 derajat.

“Untuk itu perlengkapan juga harus diperhatikan, air minum jangan lupa dibawa, dan termasuk masker," ucapnya.

Menurutnya, persiapan seluruh calon haji asal Kapuas Hulu, sudah cukup matang. "Mereka sudah melakukan manasik haji, baik tingkat kecamatan dan sekarang masig berlangsung ditingkat kabuparen. Jadi sudah siap, nanti tinggal berangkat dari Batam, gabung dengan kloter pertama," katanya.

Dalam hal ini jelas Sukri, pihaknya (Pemda) tentu akan memberikan pendampingan. Namun tidak seutuhnya hingga ibadah Haji selesai. "Kalau pun ada petugas dari Pemda Kapuas Hulu, mereka hanya sampai kota Batam saja. Sedangkan calon jemaah hajinya terus ke Arab Saudi," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kementerian (Kemenag) Kabupaten Kapuas Hulu H M Kusyairi Husman menyatakan, calon jamaah haji (Calhaj) asal Kapuas Hulu saat ini sedang melakukan manasik haji tingkat kabupaten, di Masjid Agung Putussibau.

"Manasik haji tingkat kabupaten bagi 130 calon jamaah jahi kita ini, merupakan manasik puncak. Setelah dilaksanakan manasik setiap rayon atau kecamatan masing-masing," ujarnya kepada wartawan.

Dalam manasik tersebut jelas Kusyairi, semua persiapan calon jamaag haji digenahkan semua. Sehingga dihari keberangkatan semuanya sudah siap. "Calon haji Kapuas Hulu masuk dalam kloter 13, yang rencana akan diberangkatkan sekitar tanggal 8 Agustus, dari Pontianak ke Tanah Suci Mekah atau Arab Saudi," jelasnya.

Kemenang juga mengimbau, kepada seluruh calon jamaah haji asal Kapuas Hulu, untuk selalu menjaga kesehatan seperti fisik, dan sebagainya. "Semua rangkaian kegiatan manasik yang telah dilakukan, harus dipelajari karena itulah menjadi praktek saat menjalankan ibadah haji di mekah," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help