TribunPontianak/

Sekda Minta Pelaksanaan Program KB Tingkatkan SDM

Di sisi lain mari kita laksanakan pencatatan dan pelaporan hasil pelaksanaan program KB dengan baik

Sekda Minta Pelaksanaan Program KB Tingkatkan SDM
ISTIMEWA
Seketaris Daerah Hilaria Yusnani membacakan sambutan tertulis mewakili Bupati Kayong Utara pada acara Rakor Bhayangkara, KB Kesehatan di Kabupaten Kayong Utara, yang digelar di Gedung Balai Nirmala, Sukadana, Rabu (12/7). 

Citizen Reporter

Humas Pemkab Kayong Utara, Ruli

TRIBUNPONTIANAK. CO. ID, KAYONG UTARA - Program Keluarga Berencana (KB) diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program keluarga. Dengan harapkan dapat meningkat dan menjadi faktor pendukung utama dalam mencapai tujuan program keluarga berencana di Kabupaten Kayong Utara.

“Untuk itu pada acara pencanangan KB-Kesehatan Bhayangkara, saya ingin menyampaikan beberapa faktor yang perlu mendapat perhatian kita bersama,”hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kayong Utara, Hilaria Yusnani pada sambutan tertulisnya mewakili Bupati Kayong Utara pada acara Rakor Bhayangkara, KB Kesehatan di Kabupaten Kayong Utara, yang digelar di Gedung Balai Nirmala, Sukadana, Rabu (12/7) kemarin

Dijelaskan Hilaria, agar pelaksanaan program KB di Kayong Utara dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dapat membangun Sumber Daya Manusia (SDM) ke depan. Sehingga, lanjut dia hal tersebut dapat memberikan konstribusi terhadap upaya dan peningkata human
development index di Kabupaten Kayong Utara.

“Selain itu untuk menjamin agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan informasi tentang Keluarga Berencana secara lengkap, benar dan kontinyu serta nyaman dalam pelayanan kontrasepsi. Dan saya mohon agar peran lembaga kemasyarakatan di pedesaan seperti PPKBD dan Sub PPKBD, serta kelompok-kelompok kegiatan keluarga berencana, bina keluarga balita, bina keluarga lansia, bina keluarga remaja serta posyandu dapat di tingkatkan dan dibina secara terus menerus, karena selama ini lembaga kemasyarakatan tersebut sangat berperan dalam berbagai program pembangunan yang di lakukan pemerintah,”papar Hilaria.

Sedangkan khusus untuk kegiatan bulan Bhakti Kb-Kes–Bhayangkara ini, sambung Hilaria agar hasilnya dapat di laporkan secara priodik ke Provinsi. “Di sisi lain mari kita laksanakan pencatatan dan pelaporan hasil pelaksanaan program KB dengan baik. Kembangkan dan tingkatkan kualitas pelaksanaan pendataan keluarga yang dilaksanakan setiap tahun melalui pemuktahiran data secara rutin olehjajaran pelaksana program KB,”terangnya.

Selain itu, dirinya juga menyampaikan untuk hasil pendataan tersebut dapat terjamin keakuratan dan validitasnya sehingga kebijakan intervensi yang akan dilakukan untuk menjawab dan menindak lanjuti hasil pendataan tersebut akan tepat sasaran.

“Saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini, untuk itu pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran pengelola dan pelaksana program pada Dinas Kesehatan dan Keluarga berencana, Kepolisian Negara Republik Indonesia serta para tenaga medis Kabupaten Kayong Utara yang bertugas di berbagai tingkatan wilayah hingga di tingkat desa, atas kerja keras dan dukungannya selama ini sehingga pengelolaan program keluarga berencana di kabupaten kayong utara dapat terlaksana dengan baik,”ucapnya.

Mengenai kekurangan-kekurangan yang memerlukan upaya peningkatan dan kerja keras, tentunya dapat bersama-sama untuk mencari solusi dan memperbaiki kinerja dalam mencapai hasil yang lebih optimal.

“Oleh karena itu agar prioritas tersebut dapat terealisir, Pemerintah Kayong Utara telah menginstruksikan kepada jajaran pengelola program pada dinas kesehatan dan keluarga berencana dalam pengelolaan program keluarga berencana dan pelayanan kesehatan untuk memberikan pelayanan gratis kepada Setiap Pasangan usia subur ( PUS ) yang memerlukan pelayanan kontrasepsi di wilayah kabupaten kayong utara. dan saya berharap juga kepada pihak polresagar bisa membagi target sasaran Bhayangkara - KB-Kesehatan ke semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Kayong Utara agar hasilnya bisa optimal,”ungkapnya.

Adapun kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakapolres Kayong Utara, Kompol Onisimus Umbu Sairo, Kepala Dinkes-Kbkab. Kayong Utara, Kepala SKPD terkait / lintas sektoral Kabupaten Kayong Utara, Camat se-Kabupaten Kayong Utara, Kapolsek se-Kabupaten Kayong Utara beserta ibu, kepala Puskesmas, penanggung jawab klinik KB, Plkb/Pkb se-Kabupaten Kayong Utara

Penulis: Muhammad Fauzi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help