TribunPontianak/

KOSKA Terapkan Sistem Simpan Pinjam dan Asuransi

Satu diantara penggagas KOSKA, Maya Andzela mengatakan anggota dapat melakukan simpanan dalam bentuk uang maupun sampah.

KOSKA Terapkan Sistem Simpan Pinjam dan Asuransi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Kegiatan Koperasi Sampah Khatulistiwa (KOSKA) yang digelar belum lama ini. 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Listya Sekar Siwi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Koperasi Sampah Khatulistiwa (KOSKA) merupakan sebuah program yang digagas oleh tim pengusul Program Kreativitas Mahasiswa bidang kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh Dikti tahun 2017.

Banyak kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan sampah yang ada di masyarakat, selain itu juga pemberdayaan masyarakat yang tinggal di sekitar TPA Batu Layang.

Selain kegiatan pemanfaatan tersebut. KOSKA juga memberikan manfaat kemasyarakat contohnya dalam waktu dekat Koperasi juga akan membuka sistem simpan, pinjam dan asuransi yang ditawarkan kepada anggota.

Satu diantara penggagas KOSKA, Maya Andzela mengatakan anggota dapat melakukan simpanan dalam bentuk uang maupun sampah. Koperasi kemudian akan membeli sampah anggota khususnya sampah kertas dan botol atau gelas plastik.

"Dalam sistem pinjaman, anggota dapat menggunakan jasa ini jika sudah menjadi anggota tetap minimal 6 bulan dengan syarat dan ketentuan pinjaman yang berlaku. Untuk sistem asuransi, Koperasi bekerjasama dengan salah satu penyedia jasa asuransi di Kota Pontianak dalam penyediaan jasa asuransi jiwa kepada para anggota dengan nominal yang terjangkau," jelasnya.

Baca: Operasi Sampah Khatulistiwa, Peningkatan Pendapatan Pemulung Berbasis Koperasi

Koperasi Sampah Khatulistiwa (KOSKA) tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para mitra yang telah bersinergi dengan sangat profesional. Ia berharap aemoga sinergisme ini mampu mewujudkan luaran koperasi sebagai garda terdepan pemberdayaan masyarakat dengan meningkatnya pendapatan pemulung dan membantu Pemerintah Kota dalam program revitalisasi dan pengelolaan sampah di Kota Pontianak.

"Untuk mengetahui program KOSKA lebih lengkap, silakan ikuti linimasa di instagram @koska_official atau jika ada pertanyaan dan saran yang ingin disampaikan, silakan hubungi KOSKA di 0895345357085, pos-el di koskaofficial15@gmail.com. Sukai halaman kami di facebook dengan nama pengguna Koska Pontianak. Mari bersinergi untuk Pontianak Berseri! Salam KOSKA! Salam Kreatif!," tukasnya.

Penulis: Listya Sekar Siwi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help