TribunPontianak/
Home »

Bisnis

» Mikro

Oleh-oleh Khas Pontianak, Abon Ikan Tongkol Rasa Istimewa

Abon ikan tongkol yang saya produksi dengan dua rasa yaitu manis gurih dan pedas

Oleh-oleh Khas Pontianak, Abon Ikan Tongkol Rasa Istimewa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / MASKARTINI
Abon Tongkol Dina 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Abon ikan tongkol khas Pontianak belakangan cukup dikenal sebagai oleh-oleh khas Pontianak. Tak hanya dikenal karena jarang ditemui, namun karena rasanya yang bikin ketagihan. Satu di antanapelaku UMKM yang memproduksi abon ikan tongkol dan merasakan respon positif dari pasar adalah Urai Suci uang beralamat di Gg Pancasila 4 nomor 16.

"Abon ikan tongkol yang saya produksi dengan dua rasa yaitu manis gurih dan pedas. Dimulai membimbing mahasiswa Untan KKN PPM tahun 2012 di Sungai Kakap yang mengolah ikan tongkol menjadi dendeng dan abon. Ternyata abon yang diminati di Kakap dan Pontianak,"ujar Suci pada Rabu (12/9/2017).

Suci mengklaim abon ikan tongkol istimewa khas Pontianak yang ia buat berbeda dan untuk pertama kalinya di Pontianak. Abon ia produksi diminati lantaran mempunyai rasa yang khas dan lezat. Suci merupakan umkm yang cukup mampu bertahan lantaran tetap eksis sejak mulai usaha pada tahun 2012. 

Abon ikan tongkol pertama di Pontianak ini diakui Suci mendapatkan respon positif sejak diperkenalkan.

"Uji coba pertama waktu kegiatan KKM. Alhamdulillah respon sangat baik. Tujuannya agar anak-anak yang tidak suka makan ikan bisa mengkonsumsi abon karena kaya omega 3 dan baik untuk perkembangan otak,"ujarnya. 

Dengan modal awal Rp4 jutaan kini abon dengan brand Abon Dina khas Pontianak bisa didapat di pusat oleh-oleh dengan kemasan menarik. Modal awal Suci gunakan untuk membeli alat-alat seperti penggorengan dan gas yang sekarang ia tambah dengan spinner. Selain untuk konsumsi di rumah abon kata Suci juga praktis untuk bekal perjalanan jauh. Dengan kemasan menarik ia menjual Rp50 ribu per 200 gram. 

"Alhamdulillah penjualan sudah 40 Kg per bulan. Sekarang abon ada di Toko Happy Jalan Sisingamangaraja, Toko Isun Vera, Resto Mak Kundil Kobar, Resto Eyang. Harapan saya semakin banyak penggemar abon ikan tongkol karena sangat baik untuk pertumbuhan otak. Semoga semakin banyak peminat dan semakin luas pasarnya dan profitnya juga bertambah,"ujarnya. 

Penulis: Maskartini
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help