Bea Cukai Sintete Hibahkan Empat Ton Sayuran ke Dinsos P3A Singkawang

Kepala Kantor Bea Cukai Sintete, Achmat Wahyudi mengatakan bahwa sekitar empat ton sayuran berupa wortel dan kol tersebut.

Bea Cukai Sintete Hibahkan Empat Ton Sayuran ke Dinsos P3A Singkawang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Penyerahan Hibah, dari Bea Cukai Sintete kepada masyarakat kurang mampu di Kota Singkawang melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak Kota Singkawang, Jumat (7/7/2017) lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Bea Cukai Sintete, kembali menghibahkan barang milik negara eks kepabeanan. Untuk kepentingan sosial yang disalurkan melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak (Dinsos P3A) Kota Singkawang, Jumat (7/7/2017) lalu.

Kepala Kantor Bea Cukai Sintete, Achmat Wahyudi mengatakan bahwa sekitar empat ton sayuran berupa wortel dan kol tersebut. Merupakan hasil penindakan pada saat operasi petugas bea cukai di sekitar wilayah perbatasan.

"Berdasarkan border trade agreement RI- Malaysia 1970. Masyarakat di wilayah tertentu di perbatasan yang dalam UU Kepabeanan disebut dengan pelintas batas. Mendapatkan fasilitas fiskal secara khusus untuk mendapatkan barang kebutuhan pokok dari Malaysia," katanya, Selasa (11/7/2017).

Namun, kata dia, jangan sampai melebihi dari jumlah yang diperbolehkan berdasarkan peraturan mentri keuangan No PMK-188/ PMK.04/2010 yaitu 600 RM per bulan per orang kemudian jangan sampai keluar dari wilayah yang sudah ditentukan.

"Karena itu termasuk barang-barang dalam kategori larangan atau pembatasan. Menurut UU Kepabeanan, barang-barang tersebut ditetapkan sebagai barang dikuasai negara. Selanjutnya, ditetapkan sebagai Barang Milik Negara," lanjutnya.

Baca: Pemkab Sambas Gelar Germas dan Promosi Pantai Temajuk

Ditambahkannya, untuk kepentingan sosial dalam rangka meringankan bebam kehidupan masyarakat di sekitar Kota Singkawang. Pihaknya mempertimbangkan pemanfaatannya untuk dihibahkan.

"Degan terbitnya surat persetujuan dari Kepala KPKNL Singkawang, atas nama Mentri Keuangan, kemarin kita hibahkan barang itu kepada masyarakat kurang mampu melalui Dinas Sosial Singkawang," tukasnya.

Penulis: Raymond Karsuwadi
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help