TribunPontianak/

Sempat Macet, Investor Harap BEI-Sekuritas Perkuat Sistem IT

Meski sebagian besar pemain saham atau investor menanggapi biasa saja, namun beberapa pemain saham berharap hal tersebut tidak terjadi.

Sempat Macet, Investor Harap BEI-Sekuritas Perkuat Sistem IT
Thinkstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawati Tribun Pontianak, Maskartini

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Gangguan pada peyebaran informasi dari datafeed yang menyebabkan perdagangan bursa sempat terhenti menuai respon dari pemain saham.

Meski sebagian besar pemain saham atau investor menanggapi biasa saja, namun beberapa pemain saham berharap hal tersebut tidak terjadi.

Tak hanya Bursa Efek Indonesia (BEI) yang harus memperkuat sistem, tetapi penguatan sistem IT juga harus dilakukan oleh sekuritas. Seperti yang diungkapkan oleh Hengdi kepada tribun.

"Harusnya IDX gak boleh ada masalah kayak gini. Harapannya tidak terjadi lagi kedepannya, "ujar Hengdi.

Baca: Sempat Diganggu Hacker, Perdagangan Bursa Saham Kembali Normal

Hal yang sama diungkapkan oleh Tan Normansyah, ia berharap sekuritas dapat menjaga kepercayaan nasabah. Salah satu caranya dengan memperkuat sistem IT yang ada.

"Pihak sekuritas harus memperkuat sistem, tak hanya bei. Supaya sistemnya aman dan data nasabah aman,"ujar Tan.

Tan mengatakan kejadian terhentinya aktivitas perdagangan dalam jangka waktu singkat hampir tak pernah terjadi. "Kalau sampai pasar keuangan bise tembus kena hack, berarti bakal gawat, bisa merembet ke perbankan dan lainnya. Tahun 2015 dulu kayaknya pernah, tapi saya yakin dengan BEI,"ujarnya.

Meski tak merasa khawatir namun untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, bei kata Tan harus memastikan sistem aman. "Harus profesional lah, laksanakan setiap tugas sebaik-baiknya. Soalnya pasar keuangan dan bursa saham adalah satu diantara tolak ukur ekonomi negara,"ujarnya.

Jika aktivitas terhenti otomatis kata Tan terpengaruh terhadap dana masyarakat yang diinvestasikan. "Kalau sampai down sistemnya, rusak namanya. Selain itu juga menjadi sejarah buruk. Kalau pasar tutup/down investor gak bisa beraktivitas, tidak bisa nak beli saham ataupun jual. Mau cairkan dana pun tak bisa,"ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Rizky Zulham
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help