TribunPontianak/

Tinjau Pembangkit Listrik, Bupati Jarot Harap Listrik PLN Tak Padam

Selama Ramadan tahun ini dari awal hingga hari ini. Dari salat tarawih dan sahur tidak terjadi pemadaman. Kita patut beri apresiasi

Tinjau Pembangkit Listrik, Bupati Jarot Harap Listrik PLN Tak Padam
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / RIZKY PRABOWO RAHINO
Bupati Sintang Jarot Winarno didampingi Manager PLN Area Sanggau saat meninjau sejumlah pembangkit tenaga listrik yang ada di Kabupaten Sintang, Selasa (20/6/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizky Prabowo Rahino

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno didampingi Manager PLN Area Sanggau meninjau sejumlah pembangkit tenaga listrik yang ada di Kabupaten Sintang, Selasa (20/6/2017).

Beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Diesel yang berada di wilayah Menyurai dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sungai Ringin.

Bupati Sintang Jarot Winarno menerangkan peninjauan pembangkit listrik guna memastikan ketersediaan listrik jelang Idul Fitri 1438 Hijriyah. "Saya minta pihak PLN jangan matikan listrik pada hari Raya Idul Fitri," ungkapnya.

Tidak hanya saat jelang Ramadan, sebelum bulan suci Ramadan dirinya juga telah meminta PLN untuk tidak mematikan listrik.

"Selama Ramadan tahun ini dari awal hingga hari ini. Dari salat tarawih dan sahur tidak terjadi pemadaman. Kita patut beri apresiasi," katanya.

Jarot meminta agar PLTU Sungai Ringin kapasitas 3x7 Mega Watt (MW) segera beroperasi. Manajemen PLN diminta menggenjot perampungan pembangkit listrik.

“Saya dengar bulan Oktober akan beroperasi 1 buah mesin dengan kekuatan 7 megawatt. Lalu, bulan Desember 2017 masuk lagi 1 buah mesin. Awal 2018, masuk 1 mesin lagi. Sehingga mensupport kekuatan listrik di Sintang sekitar 21 Mega Watt," tandasnya.

Perwakilan PLN Area Sanggau, Gusti Edi menyampaikan pihaknya akan memaksimalkan kinerja mesin guna antisipasi beban puncak listrik saat lebaran.

“Saat hari Raya Idul Fitri, kami tetap lakukan pemeliharaan rutin mesin. Seperti mengecek air radiator, minyak solar, ganti oli mesin dan perawatan lainnya," katanya.

Langkah ini diharap dapat menghindari gangguan dan insiden. Pihaknya juga memastikan keamanan trafo set-up. Kegunaan trafo step-up dapat membatasi gangguan dari luar.

"Adanya trafo set-up agar tekanan dari luar tidak langsung menghantam mesin pembangkit baik itu turbin maupun generator," tandasnya. 

Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help