TribunPontianak/

Baznas Sanggau Salurkan Zakat Kepada 133 Mustahik

Jumlah yang menerima zakat totalnya 133 mustahik dengan nominal uang yang dikeluarkan Rp57,8 juta

Baznas Sanggau Salurkan Zakat Kepada 133 Mustahik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / Hendri Chornelius
Suasana penyerahan zakat kepada 133 mustahik yang diserahkan langsung Bupati Sanggau, Paolus Hadi, di gedung BAZNAS Kabupaten Sanggau, Selasa (20/6). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hendri Chornelius

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Sanggau menyalurkan zakat kepada 133 mustahik . Penyerahan zakat itu diserahkan langsung Bupati Sanggau, Paolus Hadi, di gedung BAZNAS Kabupaten Sanggau, Selasa (20/6/2017).

Dalam penyerahan itu, Paolus Hadi didampingi Kepala Kantor Kementrian Agama M Taufik didampingi Kasi Bimas Islam H Toyib SA. Bupati berkesempatan menyerahkan zakat secara simbolis kepada mustahik sekaligus menyerahkan bonus kepada juara Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) yang dirangkai dengan acara BAZNAS.

Ketua BAZNAS Kabupaten Sanggau, H Sjamsul Chaidir mengatakan, zakat yang diserahkan ini merupakan amanah para muzakki untuk disalurkan sesuai syar'i.

Ia merinci jumlah mustahik penerima yaitu 90 kaum duaffa dan fakir miskin, 8 lembaga islam berupa TPA dan panti, 2 da'i perbatasan dan 27 guru ngaji tradisional.

“Jumlah yang menerima zakat totalnya 133 mustahik dengan nominal uang yang dikeluarkan Rp57,8 juta, ” katanya.

Pada kesempatan itu, juga diserahkan beasiswa tahap II BAZNAS Pusat kepada pelajar SD/SMP/SMA di Kabupaten Sanggau. Ia menegaskan, BAZNAS akan terus mengupdate data muzaki dan mustahik agar bantuan tepat sasaran.

Bahkan, lanjutnya, saat ini, BAZNAS sedang merancang program-program yang bersinergi dengan Pemkab Sanggau untuk memberdayakan mustahik dari golongan kurang mampu dengan dinas dan dekranasda.

“Bagi mustahik yang punya keterampilan dan punya niat untuk maju akan di beri bantuan modal, ” katanya.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyambut baik acara penyaluran zakat oleh BAZNAS ini. Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Sanggau itu berharap dengan disalurkannya zakat ini bisa menambah kepercayaan muzakki kepada BAZNAS.

Dia berpesan agar BAZNAS tidak melupakan pemberdayaan ekonomi dengan memberikan bantuan modal usaha bagi masyarakat kurang mampu.
“Kalau nanti usahanya maju, dia bisa berzakat tidak lagi menjadi mustahik, ”pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help