TribunPontianak/

Yolando Takjub dengan Kejernihan Air Terjun Riam Berasap

Air yang sangat jernih dan dingin menjadikannya enak dan segera untuk mandi. Kemudian kondisi berbatuan membuat suasananya enak untuk bersantai

Yolando Takjub dengan Kejernihan Air Terjun Riam Berasap
ISTIMEWA
Anggota TAC Ketapang bersantai pada satu di antara lokasi Air Terjun Riam Berasap, Ketapang beberapa waktu lalu.  

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG – Perwakilan Kelompok pencinta alam, Tetancap Adventure Club (TAC) Ketapang, Yolando Anas Bantang mengungkapkan ternyata di Ketapang memiliki wisata air terjun sangat indah menakjubkan.

“Namanya Air Terjun Riam Berasap berada di Kecamatan Matan Hilir Utara (MHU),” kata Wakil Sekretaris Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Ketapang, Minggu (18/6).

Menurutnya berdasarkan cerita warga setempat menamai wisata itu Air Terjun Riam Berasap. Lantaran hempasan air terjunnya menghasilkan kabut seperti asap. “Tentu bisa dibayangkan bagaimana indahnya air terjun itu,” ucapnya.

Ia menjelaskan Air Terjun Riam Berasap setinggi belasan meter hingga lebih. Air yang sangat jernih dan dingin menjadikannya enak dan segera untuk mandi. Kemudian kondisi berbatuan membuat suasananya enak untuk bersantai.

“Apalagi di daerah sana juga banyak lokasi menarik lainnya. Misalnya ada lubuk baji, cabang panti, riam parit yanag semuanya masuk dalam kawasaan Hutan Gunung Palung,” jelasnya.

Yolanda menambahkan lantaran wisata Air Terjun Riam Berasap cukup jauh sehingga belum dikelola oleh Pemerintah. Tapi karena hal tersebut juga menyebabkan hingga saat ini lingkungan wisata tersebut masih sangat alami.

Sehingga bukan ha lasing jika pengunjung di wisata ini juga akan dihibur hal-hal lain. Misalnya suara burung-burung atau hewan lainnya yang ada sekitar lokasi. “Kicauan burung di alam bebas itu sangat menyejukkan hati,” ungkapnya.

Ia menambahkan udaha dan hembusan angin di alam yang masih alami itu juga membuat perasaan adem dan tenang. Sehingga membuat pikiran yang suntuk karena aktifitas sehari-hari menjadi lebih tenang dan lain sebagaianya.

“Saya sendiri ketika berada di air terjun itu merasa sangat tenang. Rasanya beban-beban hidup atau rasa jenuh karena aktifitas sehari-hari. Ketika berada di air terjun itu seketika semuanya hilang. Di sana saya merasa tenang dan damai,” ujarnya.

Masih ada dan bisa menikmati kondisi alam yang masih alami ini. Ia pun mengimbau masyarakat agar menjaga dan mencintai alam. Sehingga sepanjang hidup Air Terjun Riam Berasap dan lingkungannya yang asri itu tetap ada.

“Jagalah dan cintailah alam ini untuk keluarga anda. Inilah pesan dan tujuan yang dapat kami berikan bukan hanya sekedar objek wisatanya saja. Semoga anak cucu nanti juga bisa merasakan keindahan Air Terjun Riam Berasap itu,” harapnya. 

Penulis: Subandi
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help