TribunPontianak/

Wajib Anda Ketahui, Cegah Kanker Serviks dengan Cara Cukup Sederhana Ini

Selain Jakarta Papsmear Centre, beberapa rumah sakit juga melayani pemberian vaksin HPV seperti Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Wajib Anda Ketahui, Cegah Kanker Serviks dengan Cara Cukup Sederhana Ini
Freepik
Kanker Serviks 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Berkaca dari kasus Artis Julia Perez yang meninggal karena kanker serviks yang sudah mencapai stadium 4.

Harus diketahui bahwa wanita memang rentan terserang kanker serviks, kanker yang disebabkan dan dipicu karena virus HPV (Human Papilloma Virus). 

Penyebaran virus HPV bisa melalui hubungan seksual yang terjadi kontak langsung antara kulit kelamin, membran mukosa atau pertukaran cairan tubuh, dan melalui seks oral.

Kanker serviks menduduki peringkat ke-2 sebagai kanker penyebab kematian setelah kanker payudara.

Baca: Yuk Sama-sama Waspada Kanker Serviks, Begini Cara Penularannya

“Kanker serviks ditemukan pada 1 dari 1.000 perempuan, angka kematiannya pun cukup tinggi mencapai 80 persen atau sebanyak 30.400 jiwa per tahunnya,” jelas Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K). dikutip dari Nova.id.

Menurut spesialis bedah onkologi  yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI), sekitar 70 hingga 82,3 persen penderita datang ke rumah sakit sudah pada stadium lanjut.

Padahal, penanganan kanker serviks pada stadium lanjut sebenarnya sudah terlambat dan sel kanker akan lebih sukar dibunuh.

Selain itu, sel kanker pun akan menyebar dan menyerang organ tubuh lain juga, seperti usus.

"Kanker serviks tidak bisa diobati tapi bisa dicegah agar tidak berkembang dan pencegahannya sejak dini," ungkap dr. Krisma Kurnia, Sp.PD, dokter Spesialis Penyakit Dalam di Siloam Hospitals Yogyakarta.

Halaman
123
Editor: Marlen Sitinjak
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help